Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembobol Ambil Rp 1,4 Miliar dari 10 ATM

Kompas.com - 24/10/2017, 16:08 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Polisi menangkap tiga orang pelaku pembobolan uang di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Kota Semarang, Jawa Tengah. mereka adalah AF dan BAP, keduanya karyawan PT Advantage Semarang, dan  seorang perempuan berinsial AE.

Kapolrestabes Semarang Komisaris Besar Abiyoso Seno Aji mengatakan, para pelaku telah melakukan aksinya di 10 ATM di Semarang. Total uang yang dibobol berkisar Rp 1,4 miliar

"Ada di 10 TKP, atau 10 ATM," kata Abiyoso, saat gelar perkara di Semarang, Selasa (24/10/2017).

Menurut dia, pembobolan ini berawal dari pihak bank yang menunjuk PT Advantage Semarang selaku perusahaan penyedia jasa mesin ATM untuk memperbaiki mesin yang rusak.

Baca juga: Bobol ATM Rp 1,4 Miliar, Dua Teknisi Diringkus Polisi

AF dan BAP sebagai pegawai di perusahaan itu, bukannya memperbaiki mesin ATM justru dirusak dan diambil uang yang ada di dalamnya. "Bukan diperbaiki, malah dicongkel, dirusak dan dikuras uang yang ada di ATM,"  kata dia.

"Uang di ATM itu milik PT Maybank, yang ATM-nya dilaporkan rusak," tambahnya.

Akibat perbuatan mereka, PT Advantage Semarang mendapatkan komplain dari pihak bank. Mereka pun melaporkan peristiwa itu ke polisi pada 16 Oktober 2017 lalu.

Polisi kemudian membentuk tim untuk melakukan penyelidikan hingga menangkap tiga pelaku. Dua pelaku di antaranya ditangkap di Palembang dan seorang di Magelang.

"Yang melapor pihak perusahaan itu. Pelaku terekam CCTV lalu kabur," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan pembobolan itu dilakukan selama tiga bulan terakhir, hingga yang terakhir menguras uang Rp 400 juta.

Polisi masih akan mengembangkan lebih lanjut terkait penggunaan uang dari kegiatan tidak pidana itu.

Kompas TV BTN Tolak Ganti Rugi Pemalsuan Deposito Nasabah
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com