Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berangkat Mengemis Naik Motor, Pengemis Ini Punya Rumah Dua Lantai

Kompas.com - 24/10/2017, 14:09 WIB

KEDIRI, KOMPAS.com - Dua kakek yang biasa mengemis bernama Reso (63) dan Suwarno (60) terjaring razia Satpol PP Kota Kediri. Keduanya diketahui memiliki latar belakang ekonomi yang baik.

"Kedua pengemis itu masih memiliki keluarga, juga punya rumah tempat tinggal yang layak," kata Nur Khamid, Kabid Trantibun Satpol PP Kota Kediri, Selasa (24/10/2017).

Suwarno memiliki tempat tinggal di Desa Wonorejo, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Rumahnya tergolong bagus bangunan tembok berlantai dua.

Rumah itu diketahui petugas Satpol PP Kota Kediri saat mengantar Suwarno. Serah terima Suwarno dilakukan dengan Wujud Sukandar, Ketua RT di tempat tinggal Suwarno.

"Sewaktu petugas kami datang, Pak RT tidak mengira kalau yang bersangkutan mengemis karena dilihat dari sosial ekonomi di desanya tergolong mampu," ungkapnya.

Namun menurut dia, saat ini Suwarno sedang proses pindah tempat tinggal ke Tuban karena sudah bercerai dengan istrinya.

Sementara itu, Reso akhirnya diserahterimakan kepada Yohanes Rudi Darmawan (36), salah satu anaknya. Serah terima dilakukan di rumah anaknya Dusun Patikreco, Desa Jati Mulyo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung.

Kepada petugas Satpol PP, anaknya mengaku tidak mengetahui kalau orangtuanya itu selama ini mengemis di jalanan Kota Kediri.

Reso sudah dua kali terjaring razia petugas karena mengemis di perempatan Alun-alun Kota Kediri dan pertigaan Jl Iskandar Muda.

Saat diamankan petugas, Reso dan Suwarno mengaku warga Dusun Nganget, Desa Kedung Jambe, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban.

Kedua pengemis itu mengaku datang dari Tuban berboncengan naik motor Honda Beat nopol S 4614 GP. Sementara itu, status sepeda motor merupakan milik Suwarno.

Sepeda motor ini ditemukan petugas dititipkan di tempat parkir Jl KH Ahmad Dahlan, Kota Kediri. Kedua pengemis ini sempat menginap semalam di Kantor Satpol PP sebelum diserahkan kepada keluarganya.

Selain itu, mereka diminta membuat pernyataan tidak mengulangi lagi perbuatannya.

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com, Selasa (24/10/2017), dengan judul: Naik Motor dari Tuban dan Mengemis di Kediri, Suwarno Ternyata Punya Rumah Berlantai Dua

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com