Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangkas Pohon, Seorang Kakek Tewas Tersengat Listrik

Kompas.com - 19/10/2017, 17:01 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

KEBUMEN, KOMPAS.com - Nasib nahas dialami Aminudin Yatimin (67), warga Desa Nampudadi RT 6 RW 7, Kecamatan Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah.

Berniat memangkas ranting pohon di depan rumahnya, kakek ini justru tersengat listrik dari kabel bertegangan tinggi hingga tewas di tempat, Rabu (18/10/2017).

Kapolsek Petanahan AKP I Made Arjana mengatakan, petugas membutuhkan waktu untuk mengevakuasi jasad korban yang masih tersangkut di atas pohon. Sebab, petugas perlu berkomunikasi dengan PLN untuk memutus sementara jaringan di sekitar lokasi.

Menurut keterangan tetangga korban, Ahmad Faozan (38), Aminudin terlihat sedang memanjat pohon petai cina atau klandingan di depan rumahnya sekitar pukul 14.30 WIB.

(Baca juga: Diduga Tersetrum Jerat Kawat Listrik, Dua Ekor Gajah Mati)

 

Dia sengaja memotong sejumlah dahan untuk mengantisipasi agar tak roboh saat terjadi angin kencang dan hujan deras.

“Waktu tinggal memotong ranting yang terakhir, korban tidak kuat menahan beban dahan, sehingga roboh dan mengenai kabel listrik PLN tegangan tinggi. Saat itu juga korban tersengat listrik dan meninggal dunia di atas pohon klandingan tersebut,” kata Kapolsek.

Made mengimbau masyarakat untuk lebih hati-hati saat hendak menebang atau memangkas pohon. Sebab, terkadang kabel listrik jaringan PLN yang melintang tertutup oleh rerimbunan daun.

Kompas TV PLN menegaskan tak akan ada lagi pemadaman listrik di tanah air.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com