Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma dan Gus Ipul, Calon Terkuat PDI-P untuk Pilkada Jatim

Kompas.com - 14/10/2017, 18:18 WIB
Abba Gabrillin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) memiliki dua calon kuat untuk diusung sebagai gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jawa Timur 2018.

Bupati Ngawi Budi Sulistyono mengatakan, kedua nama itu adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul.

"Untuk nomor satu, ya ada Gus Ipul, ada Ibu Risma," ujar Budi seusai menghadap Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di kediaman Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (14/10/2017).

Budi yang sering dipanggil Kanang itu mengatakan, Risma merupakan salah satu kader terbaik yang dimiliki PDI Perjuangan. Risma dianggap memiliki prestasi dalam membangun Kota Surabaya.

Sementara itu, lanjut Kanang, , Gus Ipul juga dinilai berprestasi selama menjabat sebagai Wagub Jatim. Gus Ipul dinilai memiliki cukup pengalaman memimpin Jatim.

"Bu Risma perkembangannya bagus, pembangunan bagus, ke partai juga bagus. Kemudian Gus Ipul juga insya Allah sama. Dia Wagub dua kali. Nanti insya Allah akan hadir di sini untuk jadi referensi tersendiri," ungkap Kanang.

(Baca juga: PDI-P Berharap Risma Merespons Keinginan Rakyat jika Diusung di Pilkada Jatim)

Hari ini, Megawati mengumpulkan sejumlah kepala daerah di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat. Pengumpulan kepala daerah ini terkait deklarasi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur.

Masing-masing kepala daerah yang dipanggil adalah Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Kemudian, Bupati Trenggalek Emil Dardak dan Bupati Ngawi Budi Sulistyono.

Kemudian, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Kusnadi, dan Azwar Anas yang sekarang menjabat Bupati Banyuwangi.

Tri Rismaharini yang sedianya juga menghadiri pertemuan, saat ini masih berada di Tokyo, untuk menerima penghargaan atas prestasi dan kinerja di Surabaya. Risma disebut akan berbicara dengan Megawati melalui telekonferensi.

Rencananya, PDI Perjuangan akan menggelar acara deklarasi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jatim pada pada Minggu (15/10/2017).


 

Kompas TV Ada indikasi PDIP telah menetapkan pasangan untuk maju dalam Pilgub Jawa Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com