Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMA Taruna Nusantara Bakal Dibangun di Bali

Kompas.com - 12/10/2017, 23:18 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - SMA Taruna Nusantara seperti di Magelang, Jawa Tengah, akan dibangun di Bali, tepatnya di Desa Asah Gobleg, Kabupaten Buleleng.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Taruna Taruni Bali Mandiri, Gede Suartana, mengatakan, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan (YKPP) yang menaungi SMA Taruna Nusantara untuk merealisasikan rencana tersebut.

"Kami berharap Bapak Gubernur mendukung rencana ini dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Bali dan sekaligus membangun karakter kebangsaan," ucap Suartana saat beraudiensi dengan Gubernur Bali Made Mangku Pastika, di Denpasar, Kamis (12/10/2017).

Sementara itu, Ketua Yayasan Taruna Taruni Bali Mandiri Nyoman Suryasta mengatakan SMA Taruna Nusantara memiliki visi membentuk kader pemimpin bangsa berkualitas dan berkarakter yang berwawasan kebangsaan, kejuangan, kebudayaan.

(Baca juga: Cerita Lengkap Kapolsek Rochana Saat Menyamar Jadi PSK)

Sekolah yang mengusung ciri kenusantaraan serta memiliki daya saing nasional maupun internasional itu diharapkan bisa berdampak positif terhadap pembangunan perekonomian dan pariwisata di Bali.

Kepala Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara Puguh Santoso selaku pengelola SMA Taruna Nusantara berharap, pengembangan konsep pendidikan yang diterapkan di SMA Taruna Nusantara dapat diterapkan di Bali, dan juga akan mengembangkan ke seluruh provinsi di Indonesia.

Sementara itu, Pastika menyambut baik rencana tersebut. Dia mengatakan sister school Taruna Nusantara ini bisa melengkapi SMA/SMK Bali Mandara milik pemprov yang saat ini mengadopsi sistem pendidikan yang serupa dengan SMA Taruna Nusantara.

Yang membedakannya, lanjut Pastika, SMA/SMK Bali Mandara dikhususkan bagi siswa dari keluarga tidak mampu, sedangkan SMA Taruna Nusantara bakal diisi siswa-siswi yang berprestasi.

(Baca juga: Irfan, Siswa Taruna Nusantara Peraih "Grand Champion" Kontes Matematika Dunia)

Konsep yang berbeda ini dinilai akan saling melengkapi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Bali.

"Kami bersaing dengan sumber daya manusianya, kami tidak ada minyak, tidak punya emas, yang punya cuma manusianya dan budaya dan alamnya. Konsep ini, saya berterima kasih dan sangat setuju," ujar Pastika.

Pastika menambahkan, SMA/SMK Bali Mandara yang juga berada di Kabupaten Buleleng, saat ini memang menampung siswa-siswi dari keluarga tidak mampu untuk dididik menjadi pintar dan cerdas.

 

 

Kompas TV Di Taruna Nusantara Terdapat Siswi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com