Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah yang Baru Dibangun di Bandung Ambruk, Satu Orang Tewas

Kompas.com - 10/10/2017, 08:38 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebuah rumah yang baru dibangun di Kampung Sukatengah, RT 02 RW 05, Desa Batulayang, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, ambruk pada Senin (9/10/2017) sekitar pukul 23.00 WIB.

Salah seorang penghuninya, Numan (60), tewas di lokasi kejadian dan seorang cucunya, Cepin (11) mengalami luka berat.

Lisna (40), anak Numan, mengatakan, rumah tersebut adalah milik orangtuanya. Saat kejadian, rumah itu dihuni oleh Numan (60), Isum (55) dan kedua cucunya, Thalia (11) dan Cepin (10).

"Awalnya gak tahu, gak dengar apa-apa. Cuma anak kecil (Thalia) yang selamat dia yang tahu ada gempa, dia bilang bapak aki ketiban," ujar Lisna saat ditemui di lokasi kejadian, Selasa (10/10/2017).

Lisna yang kediamannya berdampingan dengan rumah korban sempat merasakan ada getaran menyerupai gempa. Namun, ia tak mengira bahwa getaran itu berasal dari rumah orangtuanya yang roboh.

"Thalia bilangnya sedang di kamar tengah, kalau bapak di kamar tidur. Pas itu dikira gempa gak tahu apa-apa tapi kenapa ada seperti asap, debu," katanya.

Baca juga: Lembata Diguncang Tiga Kali Gempa, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Udin (56), tetangga korban, menuturkan, rumah tersebut baru sekitar sebulan dibangun. Bahkan, rumah tersebut belum sempat dicat.

"Ini rumah baru belum sempat dicat. Aneh kok bisa ambruk begitu," ungkapnya.

Hingga kini, pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab rumah tersebut ambruk. Korban meninggal telah dimakamkan oleh pihak keluarga.

Sementara korban luka masih mendapat penanganan medis di rumah Sakit Dustira, Kota Cimahi.

Kompas TV Longsor Terjang Cianjur, Ratusan Rumah Rusak
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com