Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulap Ban Bekas Jadi "Sofa Bakpao", Joko Kewalahan Layani Pesanan

Kompas.com - 08/10/2017, 17:48 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Sofa atau kursi empuk berbusa biasanya berbahan rangka dari kayu. Namun di Ungaran, Kabupaten Semarang ada kerajinan sofa yang terbuat dari ban mobil bekas.

Adalah Joko Prasetyo (47) warga Genuk Krajan RT 02 RW 08 Kelurahan Genuk, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, berhasil menyulap ban mobil bekas menjadi sofa-sofa cantik yang ia namakan "sofa bakpao".

Bentuknya bulat dengan warna-warni yang menarik, sofa bakpao laris manis diburu para pembeli.

"Nama bakpao ini pemberian netizen. Saat kita upload di medsos, dibilang bentuknya kok lucu bulet kayak bakpao," kata Joko saat ditemui di rumah sekaligus bengkel kerjanya, Sabtu (8/10/2017) siang.

Awalnya Joko Prasetyo yang juga merupakan Ketua RT di lingkungannya ini adalah tukang jahit kulit untuk cover mebel sebuah perusahaan ekspor di Semarang sekitar Januari 2017.

"Waktu itu masih ada sisa bahan, dan kebetulan desainnya bulat. Saya pikir kalau ini diaplikasikan ke ban mobil bekas coba bisa nggak ya?" ujarnya.

Joko kemudian mencari ban bekas yang banyak tersedia di beberapa bengkel yang ada di sekitar rumahnya. Setelah mendapatkan ban bekas, kulit jok sisa order tersebut ia aplikasikan dengan modifikasi sedemikian rupa, ternyata memang pas dan tampak cantik.

"Awalnya rangka dan desainnya masih sederhana. Ada tetangga yang lihat, katanya kok bagus lalu dibeli. Akhirnya pada tahu dari mulut ke mulut," ujarnya.

Melihat sofa buatannya mulai diminati, Joko terus menyempurnakan konstruksi rangka dan desainnya agar makin kokoh dan lebih menarik.

Usahanya membuat sofa dari ban bekas ini terus berkembang. Setelah dikombinasi dengan material lain, seperti vinil oscar, spon, karet penyangga elastis, ban bekas ini pun menjadi sofa yang nampak indah dan kuat.

Apalagi dengan pemilihan warna, desain yang kekinian dan jahitan yang lebih rapi, para peminatnya mengaku puas dengan sofa buatannya.

"Karena dari ban bekas, harganyapun jadi lebih murah dibandingkan sofa berangka kayu," ujarnya.

Para pembelinya kini tak hanya dari Semarang dan daerah sekitarnya. Tapi berdatangan dari kota-kota lainnya seperti Yogyakarta dan Malang.

Lantaran untuk membuat sofa bakpao ini harus memperhatikan detail dan keakuratan ukuran, Joko belum berani menyerahkan sepenuhnya pekerjaan finishing sofa bakpao ini kepada orang lain. Saat ini Joko dibantu oleh dua pekerja dan istrinya sendiri yang bertugas menjahit cover sofa.

"Saya sekarang stop broadcast di medsos karena tidak mampu melayani pelanggan," jelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com