Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Ekstrem, Wilayah Cilacap Darurat Banjir

Kompas.com - 07/10/2017, 11:29 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com- Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur pesisir Jawa Tengah sejak Sabtu (7/9/2017) dini hari mengakibatkan hampir sebagian besar wilayah Kabupaten Cilacap terdampak banjir. Genangan air merendam ribuan rumah dan fasilitas umum di sejumlah kecamatan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Tri Komara mengatakan, dari data laporan anggota, banjir terjadi di Kecamatan Cilacap Tengah, Cilacap Utara, Kawunganten, dan Kroya.

“Paling parah di Kecamatan Kawunganten, ketinggian air di jalan raya sekitar 1,5 sampai 2 meter. Sedangkan yang masuk ke pemukiman penduduk mencapai 1 meter,” katanya ketika dihubungi, Sabtu (7/9/2017).

Baca: Sekda DKI : Banjir Masih Jadi Ancaman

Sementara itu, sejak dini hari tadi, sejumlah fasilitas umum seperti RSUD Cilacap, RS Islam Fatimah Cilacap, hingga gedung-gedung sekolah dan kantor pemerintahan di kecamatan terdampak juga tak luput dari genangan air.

“Luapan air yang menggenangi jalan raya di seputar Bandara Tunggul Wulung dan jalur lain mengakibatkan kemacetan lalu-lintas,” ujarnya.

Atas kejadian ini, BPBD sudah menurunkan status tanggap darurat. Pihaknya, lanjut Tri, telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Lanal, Basarnas, PMI, dan aparat wilayah untuk mengevakuasi warga jika genangan air di masing-masing wilayah semakin tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com