Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaikan Kabel PLN yang Terbakar di Jembatan Suramadu Rampung

Kompas.com - 06/10/2017, 16:28 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Setelah nonstop melakukan perbaikan, perbaikan kabel milik PT PLN (Persero) yang terbakar di atas jembatan Suramadu rampung, Jumat (6/10/2017).

Sebelumnya, kabel jalur penghubung jaringan dari Gardu Induk Ujung ke Gardu Induk Bangkalan berkapasistas lebih dari 140 MW itu terbakar sehingga menyebabkan pasokan listrik ke Madura terhambat.

Wisnu Yulianto, Manajer Komunikasi, Hukum dan Administrasi PLN Distribusi Jawa Timur, mengatakan, dengan selesainya perbaikan, maka pasokan listrik sudah tidak terhambat lagi dan bisa normal kembali.

"Sebelum kejadian, saat siang, beban puncak penggunaan listrik di Madura adalah sebesar 150 hingga 160 MW dengan defisit daya 10 hingga 20 MW. Sedangkan di malam hari, beban puncak adalah 200 hingga 210 MW dengan defisit daya sekitar 60 hingga 70 MW," ucap Wisnu di sela pantauan di lokasi perbaikan yang sudah selesai.

"Selama mengalami masalah dan proses perbaikan dari 23 September 2017 hingga 6 Oktober ini, beban puncak rata- rata hanya 170 MW, sehingga manajemen pemadaman setiap beban puncak sekitar 30 – 40 MW,” tambahnya.

(Baca juga: BKPM Tawarkan Proyek Pengembangan Wilayah Jembatan Suramadu Senilai Rp 53,1 Triliun)

Langkah itu dilakukan setelah diadakan sosialisasi kepada pemimpin dan elemen masyarakat Madura sehingga masyarakat dapat bertindak arif dalam penggunaan listriknya.

Wisnu menambahkan, PLN telah menjalankan prosedur perbaikan dan penormalan segera setelah kejadian kebakaran tersebut.

“Oleh sebab itu, penormalan dapat berjalan sesuai schedule dan pada hari ini, 6 oktober 2017, sambungan listrik yang menghubungkan Gardu Induk Ujung dan Bangkalan sudah normal kembali. Sehingga mulai hari ini, masyaratkat Madura tidak lagi merasakan pemadaman,” ungkap Wisnu.

Untuk selanjutnya, semua berharap, kejadian serupa maupun kejadian yang mengakibatkan terhambatnya pasokan listrik tidak terjadi lagi.

"PLN akan terus melakukan tindakan preventif untuk menjaga dan menjamin keandalan peralatan untuk kelangsungan pasokan listrik Jawa–Madura,” tutur Pinto Raharjo, Deputy Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan.

Berita ini telah tayang di Surya, Jumat (6/10/2017), dengan judul: Kelar, Perbaikan Kabel PLN yang Terbakar di Jembatan Suramadu

 

 

Kompas TV Ribuan Pelari Ikut Fun Run Suramadu 2017

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com