Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tersangka Kasus Duel Ala Gladiator Tiba dengan Wajah Tertutup

Kompas.com - 05/10/2017, 22:14 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Kejaksaan Negeri Kota Bogor telah menerima tiga tersangka terkait kasus duel ala gladiator yang menewaskan siswa SMA Budi Mulia, Hilarius Christian Event Raharjo (15). Mereka masing-masing berinisial HAP, ABR, dan MP. Ketiganya tiba dengan penutup kepala.

Kepala Seksi Intel Kejaksaan Negeri Kota Bogor Andhie Fajar Arianto mengatakan, penyerahan tersangka dan barang bukti dilakukan karena berkas perkara sudah dinyatakan lengkap oleh pihak kejaksaan.

Andhie mengatakan, selanjutnya perkara itu akan dilimpahkan ke pengadilan untuk segera disidangkan.

"Hari ini yang diserahkan ke kami (kejaksaan) ada tiga orang. Dua telah selesai diperiksa, satu tersangka lagi masih menjalani proses pemeriksaan," ujar Andhie, Kamis (5/10/2017) malam.

(Baca juga: Maria Kisahkan Anaknya Dihajar Tanpa Ampun hingga Tewas dalam Duel ala Gladiator)

Andhie menambahkan, untuk ketiga tersangka dikenakan Pasal 80 ayat 3 Junto Pasal 76 huruf c Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak.

"Ancaman hukumannya maksimal 15 tahun penjara," kata Andhie.

Sementara itu, kuasa hukum korban, Roy Sianipar, berharap, agar kasus ini dapat berjalan dengan baik. Pihak keluarga, lanjut dia, menyerahkan sepenuhnya kasus tersebut kepada pihak penegak hukum dan tidak akan melakukan intervensi.

"Kami tim kuasa hukum bersama keluarga korban datang ke sini untuk mengawal proses hukum. Kami hanya bisa memberi support kepada kejaksaan dan kepolisian," ujar Roy.

(Baca juga: "Saya Harap Duel Ala Gladiator yang Dialami Anak Saya Tak Terjadi Lagi")

Dia menilai, masih banyak pihak-pihak yang patut diduga turut bertanggung jawab atas kematian Hilarius. Oleh karena itu, pihaknya telah membentuk Justice For Hilarius yang terdiri dari perkumpulan para advokat.

"Kasus ini menjadi pembelajaran untuk semua pihak. Ini tidak boleh terjadi lagi. Hukum ditegakkan, rasa keadilan terpenuhi," tuturnya.

 

 

Kompas TV Duel yang dilakukan pelajar di Bogor, Jawa Barat, disebut-sebut sudah berlangsung sejak tahun 2010.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com