Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasi Adab dan Kejutan dari 3 Pesawat Tempur di Langit

Kompas.com - 05/10/2017, 21:24 WIB
Kontributor Pangkalan Bun, Nugroho Budi Baskoro

Penulis

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com - Pawai Nasi Adab memeriahkan HUT ke-58 Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Rabu (4/10/2017) pagi.

Yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dalam pawai budaya ini diwarnai aksi flypass pesawat tempur TNI Angkatan Udara dari Skadron 1 Lanud Supadio Pontianak.

Iring-iringan pawai dimulai pukul 08.00 WIB, dengan rombongan dari Juriat Kerajaan Kotawaringin berada di barisan depan. Warna kuning mendominasi peserta karnaval karena mayoritas mereka mengenakan busana tradisional Teluk Belanga, yang menjadi identitas Kotawaringin Barat sejak era sebelum kemerdekaan RI.

Sebagian besar peserta juga mengusung nasi adab, berupa nasi tumpeng lengkap dengan lauk-pauknya. Ada yang besar, banyak pula yang ukuran kecil sebesar piring. Yang juga paling mencolok dari karnaval ini adalah ribuan Kambang Sarai yang dibawa peserta karnaval, bunga buatan dari kertas warna-warni, mirip seperti yang tersaji pada pentas ondel-ondel di Jakarta.

Satu jam karnaval berlangsung, ribuang peserta dan penonton di sepanjang Jalan Pangeran Antasari dan Jalan PRA Kusumayudha itu, dikejutkan dengan melintasnya tiga pesawat tempur di langit Kota Pangkalan Bun.

(Baca juga: Tradisi Ziarah Kubur dan Pasar Dadakan di Pangkalan Bun)

Ternyata kejutan itu diberikan oleh TNI Angkatan Udara yang ingin memberikan kontribusi di wilayah yang punya sejarah khusus, bagi TNI AU itu. Tiga pesawat tempur jenis Hawk 100/200 sengaja diundang Pangkalan TNI AU (Lanud) Iskandar Pangkalan Bun, dari Lanud Supadio Pontianak.

"Kami merasa perlu memberikan dukungan dan andil, sehingga perayaan HUT ke-58 Kotawaringin Barat, bisa dirasakan masyarakat dan meriah. Kami juga berharap masyarakat tidak hanya makin cinta tanah dan air, tapi juga cinta dirgantara Indonesia," tutur Danlanud Iskandar, Letkol Pnb Ade Fitra, di lokasi karnaval, Rabu (4/10/2017).

Tiga pesawat dengan call sign Elang Flight itu terbang di atas langit Kotawaringin Barat dengan ketinggian 500 kaki. Masing-masing dipiloti oleh Lettu Pnb Teguh dan Letkol Pnb Agung (Elang 1), Mayor Pnb Udin (Elang 2), dan Mayor Pnb Amry (Elang 3), ketiga pesawat melakukan fly pass serta manuver melewati panggung kehormatan sebagai tanda mengucapkan selamat ulang tahun untuk Kabupaten Kotawaringin Barat.

Bagi TNI AU, wilayah Kotawaringin Barat punya sejarah khusus karena di sinilah, tepatnya di Desa Sambi, pasukan payung pertama mereka terjunkan dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada 17 Oktober 1947. Tanggal itu pula yang kemudian ditetapkan sebagai hari lahirnya Pasukan Khas TNI Angkatan Udara.

 

Kompas TV Upacara Pengibaran Bendera di Istana Berlangsung Meriah
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com