Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Demokrat Jatim Sodorkan Emil Dardak Sebagai Cawagub Jatim

Kompas.com - 05/10/2017, 17:52 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Dewan Pengurus Daerah Partai Demokrat Jawa Timur menyodorkan nama Bupati Trenggalek Emil Elistyanto Dardak sebagai bakal calon wakil gubernur pada Pilkada Jatim 2018.

Nama suami artis peran Arumi Bachsin itu muncul berdasarkan hasil survei internal dan aspirasi yang berkembang di pengurus DPC Partai Demokrat Jatim.

"Selain nama Emil, ada lima nama cawagub yang kami usulkan ke DPP," kata Sekretaris Partai Demokrat Jatim Renville Antonio, Kamis (5/10/2017).

(Baca Tanggapan Emil Dardak ketika Disebut Layak Maju ke Pilkada Jatim)

Demokrat menyodorkan enam nama cawagub untuk melengkapi 6 nama pendaftar calon gubernur Jatim. Keenam nama cawagub tersebut tidak melalui proses pendaftaran di DPD Partai Demokrat Jatim.

Setelah itu, majelis tinggi Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat akan membahas 12 nama yang masuk sebelum memberikan rekomendasi kepada pasangan.

"Tugas kami di daerah sudah selesai sampai di sini, proses selanjutnya lebih banyak diurus DPP," ucapnya.

Selain nama Emil, ada lima orang lain yang diajukan, yakni Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Maskur, Renville Antonio, mantan Bupati Tulungagung Heru Cahyono, eks Bupati Ngawi Harsono, dan Kepala Dinas Pendidikan Jatim Saiful Rahman.

Selama dua tahap pembukaan pendaftaran, ada 6 orang yang mendaftar sebagai cagub Jatim melalui Partai Demokrat pada Pilkada Jatim 2018.

Mereka adalah La Nyalla Matalitti (Ketua Kadin Jatim), Nurwiyatno (Kepala Inspektorat Jatim), Syafiin (Perwira Mabes Polri), Saifullah Yusuf (Wagub Jatim), Nurhayati Assegaf (Wakil Ketua DPP Partai Demokrat), serta Khofifah Indar Parawansah (Menteri Sosial).

Belakangan La Nyalla mengundurkan diri dari pendaftaran karena Partai Demokrat membuka pendaftaran tahap II secara sepihak tanpa pemberitahuan resmi kepada semua calon yang sudah mendaftar di tahap I.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com