Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Gunung Agung 2 Kali Lebih Banyak Dibanding Merapi Sebelum Meletus

Kompas.com - 05/10/2017, 07:29 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

KARANGASEM, KOMPAS.com - Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur PVMBG Devi Kemal Syahbana mengatakan, jumlah gempa yang terjadi di gunung Agung rata-rata dua kali lipat dari gempa pada saat Gunung Merapi meletus 2010 silam.

Menurutnya, sebelum meletus Gunung Merapi mengalami kegempaan rata-rata 250 kali tiap harinya. Sedangkan gunung Agung, sejak ditetapkan pada level awas tiap harinya mengalami gempa vulkanik dan tektonik lebih dari 500 kali. Bahkan pernah mencapai 900 kali.

"Di sana kurang dari 250 kali sudah meletus, Gunung Agung sekarang dua kalinya belum erupsi," kata Devi, Rabu (4/9/2017) malam. 

Karena itu, Gunung Merapi tidak bisa dijadikan pola untuk mempelajari Gunung Agung. Pola Gunung Agung merupakan pola baru untuk dipelajari. Berbeda dengan gunung api lainnya, Gunung Agung tidak memiliki pola pembanding.

(Baca juga: Gunung Agung Berstatus Awas, Pemerintah Alihkan Turis ke Lombok)

Hal ini tidak lepas dari minimnya data instrumental letusan tahun 1963. Karena itu aktivitas vulkanik Gunung Agung tahun 2017 merupakan pelajaran pola ilmiah yang baru dipelajari.

"Belum ada perkembangan kegempaan sebanyak ini, pengalaman pertama untuk kita semua belajar pahami karakter Gunung Agung," tutur Devi seraya mengatakan pada 1963 peralatan belum memadai seperti sekarang. 

Devi menjelaskan, aktivitas kegempaan Gunung Agung mulai terdeteksi 14 April 2017. Berawal dari gempa tektonik di 50 km arah barat laut Gunung Agung. Pusat gempa kemudian terus bergerak mendekati Gunung Agung.

Gempa tektonik lokal terus terekam sampai Agustus 2017. Pada pertengahan Agustus, PVMBG mulai menangkap adanya gempa vulkanik dalam sebanyak 11 kali. "Ketika itu kita belum naikkan status menunggu perkembangan," kata Devi.

Dalam perkembangan ternyata kegempaan naik secara konstan hingga mencapai rata-rata 163 kali. Karena itu, status Gunung Agung dinaikan menjadi waspada pada 14 september 2017.

Kemudian dinaikan ke level siaga pada 18 september. Status Gunung Agung ditetapkan menjadi awas setelah kegempaan mencapai rata-rata di atas 500 kali sehari. 

Kompas TV Rekam Jejak Sisa Letusan Gunung Agung pada Tahun 1963
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com