Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tsamara Amany Pastikan "Nyaleg" lewat PSI Gratis Tanpa Mahar

Kompas.com - 04/10/2017, 17:05 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Tsamara Amany memastikan partainya secara tegas menolak praktik meminta dan memberi mahar politik kepada para calon anggota legislatif. 

"Di PSI, orang mau nyaleg pasti gratis, enggak bayar apapun. Bukan hanya gratis tapi transparan dan jelas," ujar Tsamara saat ditemui di sela Kopdarwil PSI Jawa Barat di Hotel Topaz Galery, Jalan Dr Djundjunan, Kota Bandung, Rabu (4/10/2017).

Lebih lanjut politisi cantik ini menambahkan, dukungan yang diberikan PSI kepada para caleg dipastikan bakal total tanpa tuntutan apapun ke depannya.

"Kalau PSI mendukung calon, PSI dukung beneran. Bukan mintain mereka uang. Justru PSI lebih sering keluar uang sendiri untuk mendukung calon tersebut dan itu sudah dibuktikan pada Pilkada DKI Jakarta," katanya. 

Tsamara menambahkan, PSI memiliki beberapa alternatif mencari biaya untuk menghidupi partai. Salah satunya adalah dengan cara urunan dan "ngamen". 

"PSI di Jakarta bikin patungan rakyat mengumpulkan dana Rp 400 juta, terkumpul dalam semalam. Kemarin saya coba ngamen sama sis Grace lumayan dapat Rp 39 juta, dadakan enggak begitu banyak orang," katanya. 

Baca juga: PSI Kebut Penyusunan Berkas Pendaftaran Pemilu ke KPU

Dengan tidak menerapkan sistem mahar politik, Tsamara optimistis PSI bakal menjadi partai yang bersih dari korupsi sesuai dengan apa dicita-citakan. 

"Mahar politik itu kita tolak karena itu akar korupsi di republik ini. Artinya kita ingin memutus akar korupsi dengan cara mengumpulkan uang dari publik dengan cara yang sehat agar partai politik sehat," tandasnya.

Kompas TV Hariyanto Arbi Daftar Caleg ke PSI
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com