Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Pembuangan Bayi Terungkap, Pelaku Sepasang Pelajar SMA

Kompas.com - 03/10/2017, 22:54 WIB
Abdul Haq

Penulis

WAJO, KOMPAS.com - Kasus pembuangan bayi berjenis kelamin laki-laki yang sempat menggemparkan warga Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, bisa diungkap aparat kepolisian setempat.

Kedua orangtua yang merupakan pelaku pembuangan masih berstatus pelajar sekolah menengah atas (SMA).

Kedua pelaku berinisial AA (17), warga Kecamatan Bola dan WW (18), warga Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo. Keduanya ditangkap pada Senin (2/10/2017) oleh aparat kepolisian yang melakukan penyelidikan selama dua hari.

"Setelah anggota melakukan penyelidikan alhamdulillah kami bisa ungkap dan kedua pelaku adalah orangtua kandung sang bayi yang masih berstatus pelajar," kata AKBP Noviana Tursanurrohmad, kapolres Wajo saat menggelar rilis, Selasa (3/10/2017) pukul 09.00 Wita.

Kedua pelaku mengaku terpaksa membuang bayinya sesaat setelah melahirkan untuk menutupi aib lantaran hasil hubungan luar nikah.

AA melahirkan bayinya di sebuah kebun yang dibantu oleh pacarnya, AA. Usai melahirkan, bayi berjenis kelamin laki-laki berbobot 3,5 kilogram tersebut diletakkan di depan rumah warga sebelum akhirnya ditemukan oleh warga.

Baca juga: Seorang Wanita Tepergok Buang Mayat Bayi di Sungai

Saat ditangkap, kondisi AA masih dalam keadaan lemas usai melahirkan tanpa bantuan medis. Polisi pun langsung membawa AA ke rumah sakit hingga akhirnya digelandang ke Mapolres setempat.

"Sebelumnya kondisi masih lemas karena luka pendarahan tapi saat ini sudah ditangani oleh medis," kata AKBP Novi kembali.

Sementara sang bayi saat ini dalam kondisi sehat dan masih dalam pelayanan medis rumah sakit umum daerah (RSUD) Lamadukelleng Sengkang.

Baca juga: Warga Temukan Bayi Setelah Terganggu Suara Anjing

Diberitakan sebelumnya, warga Ulugalung, Desa Lempa, Kecamatan Tanasitolo digemparkan dengan penemuan bayi di depan rumah warga. Bayi tersebut nyaris dimangsa anjing sebelum akhirnya ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com