Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

La Nyalla Mundur dari Pencalonan Cagub Jatim Partai Demokrat

Kompas.com - 02/10/2017, 18:51 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - La Nyalla Mahmud Matalitti, menyatakan mundur dari daftar cagub Jatim Partai Demokrat. Dia menilai Partai Demokrat Jatim tidak konsisten dalam menerapkan aturan pendaftaran cagub Jatim.

Tidak konsisten yang dimaksud La Nyalla, Partai Demokrat membuka pendaftaran tahap II tanpa memberitahu 5 calon yang sudah mendaftar. "Saya mundur dari pencalonan melalui Partai Demokrat," katanya, Senin (2/10/2017).

Dia kecewa, karena Partai Demokrat tidak memiliki komitmen politik yang sehat. "Saya curiga pendaftaran tahap 2 untuk memfasilitasi calon tertentu," ujarnya.

Bagi dia, proses politik bukan soal menang atau kalah, Tapi harusnya proses yang ditunjukkan para elite partai bisa menunjukkan cara berdemokrasi yang baik.

Baca juga: Relawan La Nyalla Bangun Gardu Keadilan Sosial

Seperti diberitakan, Partai Demokrat membuka pendaftaran tahap II sejak 18 hingga 20 September lalu. Di akhir waktu pendaftaran, utusan Khofifah mengambil formulir pendaftaran Cagub Jatim.

Sebelumnya, partai ini juga membuka pendaftaran cagub yang ditutup 31 Juli lalu.

Saat pendaftaran tahap I, ada lima cagub yang mendaftar. Kelimanya adalah La Nyalla Matalitti (Ketua Kadin Jatim), Nurwiyatno (Kepala Inspektorat Jatim), Syafiin (Perwira Mabes Polri), Saifullah Yusuf (Wagub Jatim), dan Nurhayati Assegaf (Wakil Ketua DPP Partai Demokrat).

Ketua DPD Partai Demokrat, Soekarwo, mengaku tidak bisa berbuat banyak, karena pembukaan pendaftaran tahap II itu adalah instruksi DPP Partai Demokrat. "Jika ada yang tidak sepaham, itu hak politik calon," kata Gubernur Jatim ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com