Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pamerkan Batik Buatannya, Pelajar SMP Gelar Fashion Show di Jalan Raya

Kompas.com - 02/10/2017, 11:06 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -  Sejak pagi, puluhan pelajar SMPN 1 Bantul berkumpul. Tak berapa lama 'Batik Fashion Show on The Road' di Simpang Empat Klodran atau Jalan Bantul, Yogyakarta, Senin (2/10/2019), digelar.

Sambil mengenakan batik mereka berlenggak-lenggok bak model diiringi musik gamelan hingga angklung. Di tangan mereka terlihat tulisan beberapa tulisan agar mereka mencintai batik.

"(Kegiatan ini) sudah dilakukan 10 tahun terakhir, tetapi memang digelar 2 tahun sekali," ujar Kepala SMPN 1 Bantul, Tri Kartika Rina.

Tri mengungkapkan, kegiatan ini digelar agar para siswa lebih mencintai budaya leluhur. Apalagi sekolahnya memiliki kurikulum membatik. Bahkan pakaian batik yang dikenakan para siswa untuk fashion show merupakan hasil karya sendiri.

"Batik tidak hanya diajarkan secara verbal saja. Supaya di antara para siswa tumbuh rasa cinta terhadap karya-karya bangsa," ujarnya.

(Baca juga: 2 Oktober 2009, UNESCO Akui Batik sebagai Warisan Dunia dari Indonesia)

 

Siswa SMPN 1 Bantul, Manuella Maureen (12) mengaku membuat sendiri batiknya. Rasa bangga muncul ketika dirinya bisa mempersembahkan karyanya untuk mengikuti Batik Fashion Show on The Road.

"Motif (batik) yang nentuin kami sendiri," tuturnya.

Selama ini, Manuella diajarkan membatik disekolah. Mulai dari menentukan motif hingga cara menggunakan canting untuk membuat pola. "Awalnya biasa saja, setelah diajarkan di sekolah sekarang mulai suka," katanya.

Acara yang digelar di sekitar perempatan Klodran ini mampu menarik perhatian masyarakat dan pengguna jalan yang kebetulan melintas. Sebagian warga mengabadikan kegiatan ini menggunakan kamera di ponselnya.

"Bangga menyaksikan para pelajar menggunakan batik, dan katanya itu hasil karya mereka sendiri," kata Hadi salah seorang warga. 

Kompas TV Kemeriahan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com