Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berharap Berkah 10 Muharram, Warga Borong Peralatan Dapur

Kompas.com - 30/09/2017, 14:31 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Beragam cara dilakukan warga sebagai tradisi memperingati Hari Asyura atau 10 Muharam pada hari ini, Sabtu (30/9/2017).

Warga Polewali Mandar, Sulawesi Barat misalnya, yang memiliki tradisi membeli peralatan dapur pada 10 Muharram.

Berbagai peralatan pun diborong, dari piring, panci, wajan, dan sendok. Mereka juga membeli perabotan rumah tangga, seperti wajan, ember, piring, dan baskom.

Warga percaya membeli peralatan dapur dan perabotan rumah tangga saat Asyura bisa menambah rezeki dan keselamatan keluarga. Sejumlah warga bahkan percaya tradisi ini untuk memperlancar jodoh.

Di Pasar Sentral Pekkabata, Polewali Mandar, ratusan ibu-ibu rumah tangga terlihat memborong berbagai peralatan dapur dan perabot untuk dibawa pulang. Agar tak kehabisan, bahkan banyak yang sengaja datang lebih pagi.

Hal ini dilakukan seorang ibu rumah tangga, Kiki Fitriani, yang datang lebih pagi untuk menghindari berdesak-desakan dengan pembeli lain.

"Ini sudah tradisi turun-temurun kalau 10 Muharram atau hari Asyura, kami beli peralatan dapur. Mudah-mudahan keselamatan dan rezeki bertambah tahun ini," tutur Kiki Fitriani.

(Baca juga: Tradisi Tahun Baru Islam, Warga Baubau Beli Ember dan Gayung)

Berburu berkah 10 Muharram atau Hari Asyura, warga Polewali Mandar, Sulawesi Barat, memborong beragam peralatan dapur.KOMPAS.Com Berburu berkah 10 Muharram atau Hari Asyura, warga Polewali Mandar, Sulawesi Barat, memborong beragam peralatan dapur.
Omzet pedagang di Pasar Pekkabata pun meningkat tajam, bahkan hingga 300 persen dibandingkan hari biasa.

"Alhamdulillah, biasanya cuma dapat Rp 300.000, tetapi hari ini bisa dapat lebih dari Rp 900.000 bahkan Rp 1 juta," kata Rita, salah satu pedagang peralatan dapur.

Sejumlah peristiwa bersejarah dipercaya terjadi pada 10 Muharram, khususnya oleh umat Muslim. Peristiwa itu antara lain saat Nabi Adam bertobat kepada Allah, berlabuhnya kapal Nabi Nuh di Bukit Zuhdi, selamatnya Nabi Ibrahim dari siksa api Raja Namrud.

Selain itu, 10 Muharram dipercaya bertepatan dengan Nabi Yusuf keluar dari penjara, Nabi Yunus keluar dengan selamat dari perut paus, Nabi Ayub disembuhkan dari penyakitnya, serta Nabi Musa selamat dari kejaran Firaun di Laut Merah.

Selain itu, peristiwa Asyura juga diperingati sebagian umat Muslim untuk mengenang peristiwa pembunuhan terhadap cucu Nabi Muhammad, Husein bin Ali, di Padang Karbala.

Kompas TV Hasil Laut Melimpah, Nelayan Gelar Tradisi Sedekah Laut
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com