Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Jantung Sehat, Risma Gowes Sepeda dari Rumah ke Balai Kota

Kompas.com - 29/09/2017, 19:46 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, berangkat ke kantor tanpa mobil dinas, Jumat (29/9/2017). Dalam rangka kampanye jantung sehat, dia memakai sepeda angin dari rumahnya ke balai kota.

Risma mengayuh sepeda angin dari rumahnya di Taman Pondok Indah, Kecamatan Wiyung, ke Balai Kota di Jalan Sedap Malam sepanjang 10 kilometer, didampingi sejumlah pejabat Pemkot Surabaya.

Aksi bersepeda itu akan dilakukan Risma setiap Jumat di mingga keempat. Tentu saja, aksi ini tak hanya dilakukan Risma tapi juga semua pegawai Pemkot Surabaya.

"Setiap Jumat akhir bulan, lapangan balai kota dilarang untuk parkir kendaraan roda 2 dan 4," katanya.

(Baca juga: Jadi Pemimpin Inspiratif, Risma Raih Penghargaan di Singapura)

 

Kata Risma, kampanye itu untuk mengajak warga Surabaya membiasakan diri memakai sepeda atau berjalan kaki demi kesehatan tubuh, khususnya jantung. "Awalnya memang berat, tapi perlahan akan terbiasa," jelasnya.

Risma menjelaskan, tingginya angka kematian akibat penyakit jantung salah satunya karena gaya hidup warga kota yang dimanjakan dengan kendaraan bermotor.

"Gaya hidup warga kota kan seperti itu, sedikit-sedikit bawa motor, bawa mobil. Padahal jalan kaki juga bisa," jelas Risma.

Ke depan, Risma berangan-angan, Surabaya dilengkapi beberapa spot khusus penyewaan sepeda. Jalur-jalur sepeda yang sebelumnya sudah ada di jalanan Kota Surabaya akan difungsikan kembali. 

Kompas TV Tri Rismaharini Ikut Shalat Ied di Balai Kota Surabaya
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com