Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halmahera Barat Diguncang 330 Kali Gempa Bumi

Kompas.com - 28/09/2017, 19:15 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara kembali diguncang gempa bumi sejak Rabu hingga Kamis (28/9/2017) sore tadi.

Data dari Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) Ternate, setidaknya sudah sekitar 330 kali gempa yang terjadi sejak Rabu kemarin hingga Kamis sore tadi. Sedangkan yang dilaporkan terasa oleh masyarakat sekitar 20-an gempa.

“Kalau gempanya dari semalam tidak putus. Kita totalkan dari siang tadi ada sekitar 330 kali, tapi yang kita analisa 50 lebih karena sensor kita kurang rapat, kita hanya gunakan sensor yang di Galela, Labuha, dan Ternate,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Ternate, Kustoro Hariyatmoko, Kamis (28/9/2017).

Magnitudo gempa bumi yang tercatat menunjukkan peningkatan dari pagi hingga sore tadi. “Sampai siang tadi magnitudonya dari 1,6 SR (skala richter) sampai 3,9 SR, nanti sore mencapai 4,0 kemudian 4,2 dan sore tadi 4,7 SR,” kata Kusturo.

(Baca juga: Aktivitas Vulkanik Meningkat, Terjadi 791 Gempa di Gunung Agung)

 

Gempa bumi yang terjadi ini, sambung Kusturo, ada kemiripan dengan gempa bumi yang terjadi di Halmahera Barat tahun 2015 lalu yaitu gempa bumi swam dan tergolong gempa bumi dangkal. 

Itu disebabkan adanya deformasi batuan di bawah permukaan di wilayah daratan Halmahera Barat.

“Gempa yang terjadi sore tadi dengan magnitudo 4,7 SR itu lumayan besar dan kedalamannya dangkal. Magnitudo itu lebih besar dari gempa bumi swam tahun 2015 lalu,” tutur Kusturo.

Meski demikian, BMKG Kota Ternate telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat Halmahera Barat melalui BPBD setempat agar masyarakat di daerah Jailolo dan sekitarnya tetap tenang.

Warga diminta terus mengikuti arahan BPBD dan informasi dari BMKG serta tidak terpancing isu dari sumber yang tidak bertanggung jawab. 

Kompas TV PVMBG mencatat, pada Rabu (27/09) terjadi dua kali erupsi dengan tinggi lontaran abu vulkanik mencapai 2,5 km.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com