Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doa Ibu untuk Ayu Agustin yang Kesakitan Menanti Kemoterapi

Kompas.com - 28/09/2017, 12:20 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Ayu Agustin (21) hanya bisa terbaring lemah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/9/2017).

Anak pertama dari pasangan Desi Warsinah (47) dan Sopiadi (49) ini kerap menahan rasa sakit karena penyakit yang dideritanya. Sebelum dibiopsi untuk memastikan penyakitnya, Ayu diduga mengidap kanker payudara.

Sesekali, Ayu berbicara kepada ibunya dengan suara lirih. Kemudian, ibunya menghampiri Ayu yang sedang terbaring tanpa berbusana lengkap untuk mendengar apa yang dikatakannya. Terlihat begitu berat saat remaja putri ini mengucapkan sepatah dua patah kata.

Entah sejak kapan Ayu terserang penyakit itu. Namun, menurut Desi, dirinya baru mengetahui sejak tiga bulan belakangan ini. Saat itu, Ayu merasakan kesakitan luar biasa saat penyakitnya bertambah parah.

Desi menceritakan, Ayu sempat dibawa ke Rumah Sakit Merry Cileungsi, Bogor, untuk mendapat perawatan. Setelah dua kali berobat, Ayu kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta. Di sana, Ayu sempat dirujuk lagi ke Rumah Sakit Griya Husada, yang bersebelahan dengan Rumah Sakit Fatmawati.

Di sana Ayu lagi-lagi di suruh balik lagi ke RS Fatmawati, namun bukan ke bagian perawatan melainkan ke bagian poli. Dirinya kemudian di-rontgen dan pihak rumah sakit menjadwalkan kemoterapi pada tanggal 17 November 2017 (sebelumnya jadwal kemoterapi disebut tanggal 17 Oktober 2017).

(Baca juga: Cerita Cinta Kahiyang Ayu dan Bobby, dari Kenalan hingga Akan Menikah...)

Meski Ayu sudah mendapatkan jadwal kemoterapi di rumah sakit tersebut, namun pihak keluarga merasa Ayu harus segera ditangani secepatnya.

"Kami kan selama menunggu jadwal (kemoterapi) nggak bisa bertindak apa-apa. Tanggal 17 November itu lama sekali. Jadwalnya terlalu jauh. Kondisi Ayu sekarang bukannya makin baik malah tambah buruk," ungkap Desi, saat ditemui Kompas.com.

Desi menjelaskan, selama menunggu kemo, Ayu sekarang menjalani perawatan di Rumah Sakit Ciawi, Bogor. Ayu ditempatkan di Ruang Jasmine. Di sana, dia sedang dipersiapkan untuk menjalani pre-biopsi untuk memulihkan kondisinya sebelum dilakukan kemoterapi.

"Kata dokter kan mau dibiopsi, nanti kalo udah dibiopsi mau di-kemo. Jadi misalkan semua di sini bisa, lebih baik tinggal nerusin. Enggak usah nunggu dari Fatmawati dua bulan. Kata dokter sih bisa dilakukan di sini, tapi kami sih mengikuti apa yang harus kami lakukan. Kalau harus dipindah, ya pindah," ucap Desi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com