Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menu Mobil "Kekasih" di Bandung, dari Urusan Asmara hingga Rokok

Kompas.com - 28/09/2017, 11:57 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Mobil Kekasih Juara atau Kendaraan Kanseling Silih Asih resmi diluncurkan, Kamis (28/9/2017) pagi. Mobil itu siap melayani warga Bandung melalui konseling yang bisa memberikan solusi untuk ragam masalah.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menuturkan, ada ragam jenis masalah yang bisa dicurahkan dan dibicarakan bersama dengan para penyuluh, mulai dari masalah kekerasan dalam rumah tangga, perundungan, ASI, religi, percintaan, hingga mereka yang berniat berhenti merokok.

Selain psikolog dan psikiater, Mobil Kekasih juga didukung oleh para pemuka agama untuk memberi nasihat bagi warga yang membutuhan siraman rohani.

"Nanti sesekali saya dan Pak Wakil juga akan mendengarkan curhat warga dan memberikan solusi. Plus di Bandung punya kekhasan konseling berbasis agama sehingga MUI memperbantukan ustaz yang sudah biasa menasihati hal yang bereferensi agama," ungkap pria yang kerap disapa Emil ini.

(Baca juga: Stres dan Ingin Curhat? Mobil "Kekasih" Siap Layani Warga Bandung)

Emil menjelaskan, tujuan utama program tersebut untuk memberi bukti bahwa negara hadir dalam setiap problem masyarakat.

"Biar warga tahu kalau ada problem negara hadir memberi solusi. Kita enggak punya duit, ada Kredit Mesra. Warga minta dilindungi, kita ada kartu Bandung Juara. Jadi sebutkan problem warga Kota Bandung, insya Allah negara akan memberi solusi," tuturnya.

Saat ini, lanjut Emil, Pemkot Bandung melalui Dinas Kesehatan baru memiliki tiga unit kendaraan. Tiap mobil akan dilengkapi tiga tenda yang akan menjadi tempat warga berkonsultasi.

"Karena mobilnya kurang nanti dianggaran perubahan kita tambah 3-4 kali lebih banyak sehingga warga Bandung sedikit-sedikit butuh teman cerita, ada," kata Emil.

(Baca juga: Menikah di Yogyakarta, Pelaminannya Mobil Damkar, Maharnya Teks Pancasila)

 

 

Kompas TV Kahiyang Ayu telah melangsungkan foto preweding dengan calon suaminya, Boby Nasution.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com