Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKB Usung Fiki Satari di Pilkada Kota Bandung

Kompas.com - 27/09/2017, 20:34 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Setelah mengusung Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengambil langkah cepat untuk mengusung jagoannya di Pilkada Kota Bandung. 

Tokoh yang diusung oleh PKB sebagai bakal calon Wali Kota Bandung adalah Fiki Satari. Surat keputusan dukungan diserahkan Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda kepada ketua DPC PKB Kota Bandung Erwin Affandi, Rabu (27/9/2017). 

Ketua DPC PKB Kota Bandung, Erwin Affandi mengatakan, dukungan PKB terhadap Fiki Satari  dilatarbelakangi adanya kesaman visi untuk memajukan Kota Bandung. Selain itu, pemilihan Fiki berdasarkan kajian matang tim DPP PKB.

"Cita-citanya satu napas dengan tagline PKB yang menjadikan politik itu ibadah. PKB itu berkah dan jihad itu membela yang lemah," ujar Erwin di Kantor DPW PKB Jabar, Jalan Haruman Kota Bandung.

(Baca juga: Nurul Arifin Fokus Cari Pendamping untuk Pilkada Kota Bandung)

Erwin menambahkan, Fiki Satari dengan latar belakang pengusaha muda mempunyai cita-cita realistis. Misalnya, membangun sekolah yang adil dan berkualitas, melindungi kesehatan warga miskin, memperbaiki gang becek dan kumuh di pinggiran kota.

Ia pun ingin membangun pusat kreativitas anak-anak muda dan memberikan pasokan gizi yang memadai bagi balita dan ibu hamil.

Selain itu, Fiki Satari adalah bakal calon Wali Kota Bandung yang paling sering berkomunikasi dengan PKB. Bahkan, Fiki mendukung gerakan-gerakan PKB di Kota Bandung.

"Seperti gerakan untuk membangun Kota Bandung agamis. Seperti itulah visi misinya dan Alhamdulliah SK-nya hari ini sudah kami terima," ujarnya.

(Baca juga: Minta Wejangan untuk Pilwalkot Bandung, Presenter Farhan Temui Jokowi)

Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda mengatakan, dukungan untuk Fiki Satari telah melalui proses panjang dan berjenjang di internal PKB.

Pihaknya menerima masukan dari pengurus anak cabang (PAC) Dewan Pimpinan Cabang (DPC), dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW). Bahkan pembahasan dilakukan di tingkat pusat alias Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Huda menambahkan, ada tiga aspek yang membuat PKB menjatuhkan pilihan pada Fiki. Pertama, dari survei, elektabilitas, dan popularitas yang lumayan baik. Kedua, Fiki sangat diterima oleh struktur PKB di bawah DPC PKB Kota Bandung.

“Ketiga, muda. Visinya sama dan dari segi komunikasi apa yang disampaikan tentang visi PKB membangun kota Bandung ke depan Fiki yang paling responsif,” tuturnya. 

Guna memuluskan langkah Fiki, ada dua hal yang akan dilakukan. Pertama, karena PKB Kota Bandung hanya memiliki satu kursi di DPRD Kota Bandung, Fiki harus mencari kekurangan sembilan kursi untuk bisa mendaftar ke KPU.

Dengan kata lain, Fiki diminta untuk lebih intensif berkomunikasi dengan partai lain agar niatnya maju sebagai bakal calon Wali Kota Bandung bisa terwujud.

"Maka kami minta PKB Kota Bandung untuk meyakinkan partai lain bergabung dan mendukung Fiki," tandasnya.

Kompas TV PDI Perjuangan memastikan tak akan mengusung Ridwan Kamil pada Pilgub Jabar yang telah diusung oleh Partai Nasdem.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com