Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PVMBG: Penerbangan yang Melintasi Langit Bali Harus Waspada

Kompas.com - 27/09/2017, 13:42 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

KARANGANGASEM, KOMPAS.comPusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau agar penerbangan yang melintasi langit Bali lebih waspada.

Hal ini menyusul naiknya level Volcano Observatory Notice for Aviation (Vona) atau level peringatan aktivitas gunung api terhadap penerbangan dari kuning ke oranye.

Level ini dinaikkan setelah terjadi gempa tektonik lokal dengan magnitudo 4,2 pada Selasa (26/9/2017) sore. Kabid Mitigasi Gunung Api PVMBG, I Gede Suantika, Rabu (27/9/2017).

"Yang jelas penerbangan harus waspada," kata Suantika.

Penetapan status oranye berlaku sejak Selasa. Suantika mengatakan, Vona meliputi empat level yaitu hijau, kuning, oranye dan merah.

(Baca juga: Pengungsi Gunung Agung: Saya Senang Ada Pak Jokowi, Sedihnya Hilang)

Hijau adalah level saat gunung berada dalam kondisi normal, kuning berarti gunung mulai menujukan aktivitas vulkanik sedangkan kuning menunjukan potensi terjadinya letusan sangat tinggi sedangkan merah berarti gunung telah meletus.

Menurut Suantika, pihaknya hanya berwenang menerbitkan informasi, sedangkan kewenangan berkaitan dengan lalu lintas penerbangan bukan kewenangan pihaknya.

Otoritas penerbangan diminta waspada karena bila Gunung Agung meletus maka abu vulkanik bisa mencapai 5-10 kilometer. Dari pantauan memang masih berada pada level 0.

"Kami hanya merekomendasikan pihak penerbangan untuk mewaspadai kenaikan level Vona ini, dengan adanya Vona level oranye ini, pilot harus waspada," katanya.

 

 

Kompas TV Pengungsi dari Bali yang menuju Lombok semakin banyak, karena sebagian besar pengungsi memiliki keluarga di Pulau Lombok.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com