Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marak OTT KPK, Wali Kota Solo Larang Tamu Bawa Tas ke Ruangannya

Kompas.com - 26/09/2017, 10:11 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo melarang siapa pun membawa tas atau kantong saat hendak bertamu di ruangannya.

Aturan ini diberlakukannya pasca-sejumlah operasi tangkap tangan yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap sejumlah kepala daerah.

"Intinya saya hanya antisipasi, kan boleh toh, kan juga banyak yang tidak suka sama saya. Lha kalau dia punya niat jahat bawa uang di tas masuk ke kantor, lalu ditangkap kan ya ga lucu. Pokonya yang mau nemui saya tidak boleh bawa tas," kata Rudy, Selasa (26/9/2017).

Rudy akan menyiapkan loker khusus menyimpan tas atau barang bawaan bagi tamunya. Loker akan disiapkan di depan ruangan dinas wali kota Solo.

(Baca juga: Hingga September 2017, 5 Kepala Daerah Terjaring OTT KPK, Siapa Saja Mereka? )

Namun demikian, Rudy menjelaskan bahwa aturan tersebut tidak berarti menghalangi pelayanan dirinya kepada warga Solo.

"Oh ya tetap, silahkan datang saja. Wong yang sering datang itu biasanya curhat tidak bisa bayar sekolah, tidak bisa bayar rumah sakit. Datang saja, hanya jangan bawa tas," katanya. 

Rudy pun meminta jajarannya untuk melakukan pengetatan aturan terkait penerimaan tamu di ruangannya. Menurut dia, imbauan tersebut tidak hanya berlaku bagi jajarannya di Balai Kota Solo, tetapi juga seluruh keluarganya.

"Saya juga sudah katakan ke keluarga untuk berhati-hati, baik di rumah dinas atau rumah sendiri," katanya.

 

Kompas TV Komisi Pemberantasan Korupsi kembali melakukan operasi tangkap tangan pejabat dan pihak swasta di Cilegon, Banten
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com