Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Cawagub Jatim: Bupati Banyuwangi 41,7 Persen, Bupati Ngawi 13 Persen

Kompas.com - 25/09/2017, 12:10 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas didukung menempati posisi pertama pilihan responden survei untuk menjadi calon wakil gubernur pada Pilkada Jawa Timur 2018. Hal itu berdasarkan hasil survei Alvara Research Center.

Dari 1.200 responden survei, Azwar mendapat dukungan 41,7 persen. Jauh di bawah perolehan Anas, ada Bupati Ngawi Budi Sulistyono yang menduduku posisi kedua, dengan13,0 persen. Ada di posisi ketiga ada Bupati Probolinggo dengan 10,8 persen.

Nama-nama lain yang memperoleh dukungan di bawah 10 persen antara lain, La Nyalla Matalitti (Ketua Kadin Jatim), Suyoto (Bupati Bojonegoro), dan Rendra Kresna (Bupati Malang).

Survei yang menjangkau 1.200 responden di 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur itu digelar pekan ketiga dan keempat Agustus 2017.

Baca: Survei Pilkada Jatim: Pemilih Cuek ke Khofifah, yang Galau ke Gus Ipul

Direktur Alvara Research Center, Hasanudin Ali, mengatakan, nama yang paling banyak dipilih dianggap sebagai yang paling diterima oleh responden dari semua usia.

"Dia juga diterima di semua kelompok masyarakat di berbagai kelas sosial," kata Hasanudin, Minggu (24/9/2017).

Terkait tingkat persetujuan pemilih, Azwar Anas mendapatkan dukungan 58-62 persen responden bila dipasangkan dengan kandidat calon gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Khofifah Indar Parawansa, dan Tri Rismaharini.

Baca: Suami Arumi Bachsin Bersyukur Namanya Masuk Survei Pilkada Jatim

Budi Sulistyono bila dipasangkan dengan ketiga figur kandidat cagub tersebut mendapat tingkat persetujuan 22-25 persen. Hasan Aminuddin memperoleh persetujuan 35-39 persen jika dipasangkan dengan ketiga cagub sama.

Menurut dia, meski nama-nama mulai mengerucut, tapi segala kemungkinan masih bisa terjadi mengingat Pilkada Jatim masih akan digelar 27 Juni 2018.

Baca: Survei Pilkada Jatim: Khofifah Lebih Populer daripada Gus Ipul

"Semua kandidat masih harus bekerja keras dan menerapkan strategi yang paling efektif meraih dukungan," ujarnya.

Kompas TV Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam waktu dekat akan menghadap Presiden Joko Widodo, untuk menyatakan niatnya maju di Pilkada Jatim 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com