Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bermagnitudo 5 Guncang Tasikmalaya

Kompas.com - 25/09/2017, 07:19 WIB
Caroline Damanik

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Gempa bumi bermagnitudo 5 mengguncang Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (25/9/2017) pagi. Pusat gempa berada di 61 km arah barat daya Tasikmalaya.

"Hari Senin, 25 September 2017 pukul 05.06.02 WIB, wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempa bumi tektonik," ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG
Moch Riyadi dalam keterangan tertulis yang diposting di akun Twitter BMKG, Senin.

Pusat lokasi gempa tepatnya berada di 8.12 LS - 107.85 BT dan di kedalaman 15 kilometer.

"Dampak gempabumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan berpotensi dirasakan di daerah Tasikmalaya, Ciamis, dan Garut dalam skala intensitas II SIG-BMKG ((II-III) MMI)," tulis Riyadi.

BMKG mencatat, berdasarkan monitoring hingga pukul 05.40 WIB, belum ada aktivitas gempabumi susulan. Gempa juga tidak berpotensi tsunami.

"Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Tasikmalaya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Riyadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com