Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Azwar Anas: Banyuwangi Terbuka untuk Pengungsi dari Bali

Kompas.com - 23/09/2017, 20:17 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, daerah tersebut siap membantu jika dibutuhkan terkait Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali yang statusnya naik dari siaga (Level 3) menjadi awas (Level 4).

"Jika ada pengungsi warga dari Bali yang akan ke Banyuwangi kami terbuka. Saya juga membaca ada lima bandara yang akan disiapkan jika ada hal yang tidak diinginkan dan Bandara Blimbingsari juga akan kita siapkan," kata Anas.

Ia mengaku sudah meminta BPBD Banyuwangi untuk bersiap jika kondisi terburuk terjadi di Bali, termasuk menyiapkan tempat pengungsian jika dibutuhkan.

"Ada beberapa tempat yang bisa digunakan di sini," ujar Azwar.

Baca: Gunung Agung Awas, 7 Bandara Alternatif Disiapkan

Pada Festival Anak Yatim yang digelar di Pendopo Shaba Swagata Blambangan Sabtu (23/9/2017), Azwar juga mengajak anak-anak yatim yang hadir membacakan Al-Fatihah untuk warga Bali di pengungsian agar kuat dan tabah serta status Gunung Agung kembali normal.

Status Gunung Agung ditetapkan menjadi awas pada Jumat (22/9/2017) pukul 20.30 Wita. Dari perkembangan terakhir, kepala bidang mitigasi gunung api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gede Suantika mengatakan, asap solfatara mulai terlihat di puncak Gunung Agung.

Namun, kemunculan asap tersebut belum bisa dijadikan indikator untuk menyatakan Gunung Agung telah mengalami erupsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com