Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perahu Tenggelam di Alor, Satu Penumpang Hilang

Kompas.com - 23/09/2017, 09:32 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Perahu Kenangan Indah yang mengangkut 16 penumpang asal Alor, Kabupaten Alor tenggelam di Selat Alor, Sabtu (23/9/2017) pukul 01.00 WITA.

Saat itu, perahu sedang dalam pelayaran menuju Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Akibatnya, satu penumpang hilang.

"Peristiwa tenggelam perahu itu karena dihantam arus yang sangat keras ketika memasuki teluk Selat Alor," kata Hamid Anas, salah seorang penumpang ketika dihubungi melalui telepon, Sabtu, seperti dikutip Antara.

Perahu Kenangan Indah dinahkodai Abdul Rasid serta tiga ABK dengan penumpang 16 orang, dua antaranya anak-anak.

Perahu itu, menurut Anas, juga membawa kebutuhan pokok seperti beras, minyak tanah, bensin, kopi.

Perahu ini berangkat dari Kalabahi, ibu kota Kabupaten Alor sekitar pukul 24.30 WITA. Setelah 30 menit perjalanan, perahu dihantam gelombang yang sangat keras hingga tenggelam.

"Pada saat kejadian itu penumpang berusaha menyelamatkan diri dengan melompat ke laut. Bahkan sejumlah penumpang sempat bertahan di atas kapal sambil berteriak minta pertolongan," kata Anas.

Ia menuturkan, 30 menit setelah peristiwa, para nelayan yang bermukim tidak jauh dari lokasi kejadian datang menyelamatkan para penumpang. Para korban kemudian dievakuasi ke Pantai Alor Kecil.

Anas mengatakan, dalam peristiwa ini satu penumpang masih hilang dan sedang dalam proses pencarian anggota Pos Basarnas Alor.

Para penumpang selamat menginap di rumah adat warga Alor kecil sebelum dievakuasi oleh aparat Polres Alor ke Kalabahi, pukul 06.00 WITA.

"Saat ini saya sedang berada di Polres Alor bersama para penumpang lainnya," kata Anas.

Kepala Pos Basarnas Alor Rofi yang dikonfirmasi secara terpisah mengatakan, pihak Basarnas masih melakukan koordinasi di lapangan terkait peristiwa itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com