Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakar Jerami, Satu Rumah Ludes dan 15 Ekor Kambing Mati Terpanggang

Kompas.com - 23/09/2017, 06:15 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho

Penulis

GROBOGAN, KOMPAS.com - Kebakaran hebat terjadi di Dusun Pucang Selatan, Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Jumat (22/9/2017) pagi.

Sebuah rumah berkonstruksi papan kayu ludes diamuk si jago merah. Tak hanya itu, api yang mengganas juga menyebabkan 15 ekor kambing mati terpanggang.

Kapolsek Toroh, AKP Sudarwati, menyampaikan, sebelum kejadian yakni Kamis petang, pemilik rumah yakni Sulastri (50) diketahui membakar jerami untuk perapian di belakang rumah.

Seperti diketahui, warga kampung yang memiliki ternak terbiasa menyalakan perapian dari jerami untuk mengusir nyamuk. Sulastri selanjutnya masuk ke dalam kamar hingga akhirnya tertidur pulas.

Saat menjelang subuh, Sulastri terbangun setelah merasakan hawa yang teramat panas di sekujur tubuhnya. Ternyata rumahnya terbakar.

"Sulastri kemudian berlari keluar rumah dan berteriak meminta pertolongan warga. Warga lantas mencoba memadamkan api seadanya. Beberapa kendaraan damkar juga didatangkan. Sayang api terlanjur membesar dan meludeskan bangunan seisinya. Kejadian kemarin subuh," kata Sudarwati, Sabtu (23/9/2017).

Kebakaran menghanguskan rumah milik Sulastri yang berukuran 5x10 meter, dengan nilai kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Kapolsek mengimbau kepada warga yang terbiasa membakar jerami untuk lebih berhati-hati.

"Kebakaran diduga dipicu dari api bediang (jerami yang dibakar) yang tercecer. Kami himbau kepada warga untuk senantiasa mengecek saat menyalakan bediang," pungkas Sudarwati.

Kompas TV Warga akan menutup lapak ini karena khawatir kebakaran kembali terjadi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com