Hiu Paus Terjaring Nelayan Palu - Kompas.com

Hiu Paus Terjaring Nelayan Palu

Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati
Kompas.com - 22/09/2017, 16:10 WIB
Hiu paus terperangkap jaring nelayan saat mencari ikan-ikan kecil maupun plangton. Ikan jenis ini merupakan jenis ikan yang dilindungi. Kompas.com/Erna Dwi Lidiawati Hiu paus terperangkap jaring nelayan saat mencari ikan-ikan kecil maupun plangton. Ikan jenis ini merupakan jenis ikan yang dilindungi.

PALU, KOMPAS.com – Seekor hiu paus terperangkap jaring nelayan di perairan laut teluk Palu, Kota Palu Sulawesi Tengah. Hewan berukuran panjang kurang lebih enam meter itu masuk ke dalam jaring nelayan.

Salah seorang pemilik jaring Afdal Haleko (39), awalnya tidak menduga jika hewan yang masuk di jaringnya adalah hiu paus. Dia menduga yang masuk ke jaringnya adalah buaya yang biasa ada di teluk Palu.

“Ada empat orang yang bantu menarik jala. Saya berharap apapun itu bisa terlepas agar jala tidak robek. Pas kita tarik agak ke tepi ternyata ikan hiu paus yang terperangkap di jala dengan kondisi hidup,” kata Afdal, Jumat (22/9/2017).

Para nelayan sendiri awalnya khawtir jika hiu paus tersebut dilepaskan lagi di laut dalam, akan kembali terjerat jala nelayan, dan bisa merobek jaring para nelayan.

Baca juga: Hiu Paus Gorontalo Dipasangi Alat Pelacak

“Susah lagi kita cari ikan kalau jalanya robek. Baru biaya lagi kalau mau perbaiki jala. Dan tidak tahu juga mau dibikin apa ini ikan,” ujar Afdal yang diamini oleh para nelayan lainnya.

Beruntung ada petugas dinas Perikanan Provinsi yang datang ke lokasi dan memberikan penjelasan kepada para nelayan, bahwa hiu paus ini merupakan jenis hewan yang dilindungi. .

Kepala Seksi Pemberdayaan Pesisir dan Pulau Pulau Kecil, Edward Yusuf mengatakan jika ikan ini harus dilepaskan kembali di laut. “Kita masih menunggu teman-teman dari Polairud, kita coba upayakan ikan ini kita tarik ke tengah laut. Kalau kita biarkan ikan ini dan kemudian mati, bangkainya akan membusuk dan baunya akan kemana-mana,” kata Edward.

Kompas TV Berenang dengan Hiu Paus di Kepulauan Derawan

PenulisKontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati
EditorErlangga Djumena

Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM