Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima TNI Apresiasi Warga Timor Leste Perbaiki Makam Prajurit TNI

Kompas.com - 21/09/2017, 14:57 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memberi apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada warga Timor Leste yang telah membantu memperbaiki makam prajurit TNI di dua taman makam pahlawan (TMP) di Timor Leste.

Hal itu disampaikan Gatot kepada sejumlah wartawan di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), setelah melaksanakan ziarah ke TMP Seroja Baucau dan Seroja Dili, Timor Leste.

Gatot melakukan ziarah bersama KSAD Jenderal TNI Mulyono, KSAL Laksamana TNI Ade Supandi dan Wakil KSAU Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja pada Rabu (20/9/2017).

Gatot menyampaikan bahwa ada sebanyak 317 prajurit TNI yang dimakamkan di TMP Baucau. 

"Mereka adalah prajurit-prajurit terbaik TNI yang gugur dalam melaksanakan tugas negara dan bangsa dengan rela mengorbankan jiwa dan raganya," ucap Gatot, Kamis.

(Baca juga: Akan Ziarah ke TMP Seroja di Timor Leste, Panglima TNI Ajak Warakawuri)

Gatot menyebut bahwa kondisi TMP Seroja Baucau sebelumnya sangat tidak terawat dan sebagian makam rusak.

"Saat ini sudah direnovasi dan sudah layak sebagai taman makam pahlawan. Meskipun belum sempurna namun akan terus diperbaiki," ucapnya.

"Saya menyampaikan rasa bangga dan hormat kepada masyarakat Baucau Timor Leste, yang telah membantu prajurit-prajurit TNI dalam memperbaiki TMP Seroja Baucau tanpa mau dibayar, bahkan mereka membawa makanan dan lain-lain," ujar Gatot.

Lebih lanjut, Gatot menyampaikan bahwa sebagian besar para prajurit TNI yang gugur langsung dimakamkan di TMP Seroja Baucau, sehingga tidak diketahui oleh keluarganya. 

"Saya atas nama keluarga besar TNI mendoakan, semoga arwah para pejuang TNI yang rela mengorbankan jiwa dan raganya diterima Tuhan Yang Maha Kuasa. Hal ini menunjukan bahwa kami (TNI) selalu mengingat, menghormati dan menghargai jasa-jasa mereka," tuturnya.

Bagi Gatot, perilaku yang diperlihatkan masyarakat Dili dan Baucau dalam memperbaiki makam prajurit TNI sebagai hal yang luar biasa. Gatot pun berharap ini bisa meningkatkan kerja sama Indonesia dengan Timor Leste di masa depan.

"Semoga hal ini dilihat oleh dunia internasional bahwa Indonesia dan Timor Leste tidak menatap masa lalu, bahkan ke depan membangun persahabatan dan lingkungan yang aman," ujar Gatot.

Kompas TV Timor Leste Gelar Pemilihan Presiden
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com