Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Susi: Kapal 10 GT Jangan Dibebani Izin Lagi Pak Ganjar...

Kompas.com - 20/09/2017, 14:56 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta para nelayan yang memiliki kapal-kapal kecil tidak khawatir soal perizinan. Sebab, kapal nelayan di bawah ukuran 10 GT kini tak perlu lagi mengurus izin ketika berlayar mencari ikan.

"Kami putuskan pembebasan izin dan sebagainya untuk melaut kapal di bawah 10 GT, tapi itu (tergantung) dari kepala daerah sesuai wilayah masing-masing," kata Susi, seusai memberikan paket bantuan alat tangkap ikan ramah lingkungan di Semarang, Rabu (20/9/2017).

Susi menegaskan, kementeriannya telah mengeluarkan edaran untuk izin bagi kapal di bawah 10 GT. Sesuai edaran, kapal-kapal ukuran itu tidak lagi mengurus izin ketika berlayar.

"Kapal di bawah 10 GT langsung berlayar, sudah ada surat edaran," kata peraih doktor honoris causa dari Undip Semarang ini.

(Baca juga: Menteri Susi: Saya Senang Garam Langka)

 

Lantaran telah ada edaran itu, Susi meminta pihak keamanan tidak lagi menangkap nelayan-nelayan kecil yang tidak mempunyai izin berlayar. Syaratnya, alat tangkap yang digunakan ketika melaut tidak menggunakan alat cantrang.

"Jadi Pol Air tidak perlu menindak lagi di tengah laut. Kurang opo ibu, ditangkap polisi minta (bantuan) ibu, kurang modal (minta) ibu, suruh berhenti cantrang (protes) ibu. Kalau minta bantuan saja, lupa lagi demonya," tambahnya.

Susi pun meminta kepada kepala daerah untuk memberikan kemudahan bagi nelayan yang mempunyai kapal di bawah 10 GT. Jika Pemda memberi izin, pihak kementerian tidak perlu lagi menerbitkan lagi peraturan terkait.

"Kapal 10 GT jangan dibebani izin lagi Pak Ganjar, Pak wali kota, Bupati. Jika sudah ada gak perlu perpres untuk urusan ini," tambahnya.

"Kalau berangkat bawa es, tapi jangan bawa cantrang," pinta Susi.

Setelah memberikan bantuan alat tangkap, Susi kemudian berdialog dengan para nelayan. Kegiatan dialog dipandu oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Kompas TV Aksi mengemudi motor trail dilakukan Susi saat berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com