Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Gunung Agung Siaga, Warga Dilarang Mendaki

Kompas.com - 18/09/2017, 22:16 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menaikan status Gunung Agung dari level II (waspada) menjadi level III (Siaga). Status siaga ditetapkan terhitung mulai Senin (18/9/2017) pukul 21.00 Wita. Peningkatan status ini berdasarkan hasil analisis data visual dan instrumental serta mempertimbangkan potensi ancaman bahayanya.

"Kepala PVMBG telah melaporkan kenaikan status Gunung Agung ini kepada Kepala BNPB, BPBD Provinsi Bali dan BPBD Kabupaten Karangasem untuk mengambil langkah-langkah antisipasi menghadapi kemungkinan terburuk dari meletusnya Gunung Agung," kata Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, pada Senin malam.

PVMBG juga merekomendasikan kepada seluruh masyarakat sekitar gunung Agung dan pendaki tidak melakukan pendakian atau beraktivitas dengan radius 6 km dari kawah puncak gunung Agung.

Masyarakat juga dilarang beraktivitas pada wilayah dengan elevasi di atas 950 meter dari permukaan laut dan ditambah perluasan sektoral ke arah Utara, Tenggara dan Selatan-Baratdaya sejauh 7,5 km. "Zona ini harus kosong dari aktivitas masyarakat," kata Sutopo.

Baca juga: Gunung Agung Waspada, Warga Jual Ternak

Menghadapi kenaikan status Gunung Agung menjadi siaga BNPB mengimbau masyarakat tetap tenang dengan tetap menjaga kewaspadaan. Tidak terpancing isu-isu tentang erupsi gunung agung yang tidak jelas sumbernya.

"Kami berharap masyarakat tidak terpancing isu-isu yang sumbernya tidak jelas," kata Sutopo. 

Kompas TV 14 September 2017, pukul 14.00 WIB, tingkat aktivitas gunung agung di Pulau Bali dinaikkan ke level dua, waspada
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com