Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemarau Panjang, 82 Desa di Grobogan Alami Kekeringan

Kompas.com - 18/09/2017, 15:33 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho

Penulis

GROBOGAN, KOMPAS.com - Kekeringan yang melanda Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, terus meluas. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, tercatat sejak Mei hingga saat ini sudah ada 82 desa di 11 kecamatan di Kabupaten Grobogan yang terkena imbas kemarau panjang.

Kepala BPBD Kabupaten Grobogan, Agus Sulaksono, menyampaikan, kekeringan yang terjadi di setiap desa itu akibat menyusutnya sungai hingga sumber air yang ada. Kebutuhan air di puluhan desa tersebut selama ini hanya mengandalkan sungai, sendang hingga sumur tadah hujan.

"PDAM belum menjangkau 82 desa dari 11 Kecamatan tersebut. Kemarau panjang nyata telah berdampak pada hilangnya kebutuhan air warga. Kekeringan tahun ini tergolong parah daripada tahun-tahun lalu," kata Agus kepada Kompas.com, Senin (18/9/2017).

Kepala Bagian Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Grobogan, Budi Prihantoro, mengatakan, dari 11 Kecamatan terdampak kemarau, dua Kecamatan di antaranya terpantau paling parah alami kekeringan. Yakni Kecamatan Karangrayung dan Kedungjati.

Baca juga: Kekeringan di Kendal Meluas, Warga Minta Bantuan Air Bersih

BPBD Kabupaten Grobogan pun telah menganggarkan Rp 125 juta untuk dana bantuan kekeringan.

"Kami sudah mensuplai 165 truk tangki ke lokasi desa yang alami kekeringan. Selanjutnya akan terus bertahap droping airnya. Kami hanya berharap kemarau segera usai?. Selain BPBD banyak juga pihak yang juga ikut droping air. Seperti kepolisian, swasta dan sebagainya," kata Budi.

Kompas TV Warga berharap adanya bantuan air bersih dari pemerintah daerah.   
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com