Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penataan Pelabuhan Benoa Bisa Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Bali

Kompas.com - 18/09/2017, 13:32 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Presiden Direktur Pelindo III Ari Askhara mengatakan, penataan Pelabuhan Benoa dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Bali.

Ari menjelaskan, jumlah wisatawan mancanegara yang ke Bali pada 2010 sebanyak 13.683 orang. Dengan pertumbuhan rata-rata 5 persen tiap tahun, maka tahun ini angka kunjungan wisatawan mancanegara diprediksi mencapai 91.335 orang.

Untuk menunjang hal tersebut, Pelindo III melakukan penataan Pelabuhan Benoa dengan mengucurkan anggaran sebesar Rp 1,7 triliun.

"Dengan rincian Rp 500 miliar untuk infrastruktur terminal dan Rp 1,2 triliun untuk pengerjaan dermaga dan alur pelayaran," ujarnya saat sandbreaking ceremony of Benoa Tourism Port di dermaga timur Pelabuhan Benoa, Senin (18/9/2017).

(Baca juga: Menko Kemaritiman Resmikan Proyek Penataan Pelabuhan Benoa Rp 1,7 Triliun)

 

Kondisi eksisting Pelabuhan Benoa saat ini memiliki kedalaman alur minus 8 meter Low Water Spring (LWS). Hanya bisa mengakomodir kapal pesiar dengan panjang kurang dari 210 meter berkapasitas 1.400 penumpang.

Setelah penataan, kedalaman alur bisa mencapai 12 meter LWS, sehingga kapal dengan panjang 500 meter dan kapasitas penumpang 5.000 orang bisa masuk.

"Dengan semakin banyaknya tamu mancanegara yang datang ke Bali mengikuti event internasional merupakan kesempatan yang baik untuk mempromosikan pariwisata sehingga semakin banyak lagi yang datang," tutupnya.

Kompas TV Tim SAR Manado belum lakukan pencarian lantaran tengah berada di Bitung untuk melakukan pengisian bahan bakar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com