Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airnav Dorong Peningkatan Sejumlah Bandara untuk Tingkatkan Destinasi Wisata

Kompas.com - 18/09/2017, 08:01 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - AirNav Indonesia Cabang Utama Makassar Air Traffic Service Center (MATSC) mendorong peningkatan status sejumlah bandara untuk mendukung program pemerintah terkait 10 destinasi wisata.

Peningkatan status bandara yang dulunya berstatus Aeronautical Flight Information Service (AFIS) menjadi Aerodrome Control Tower (ADC). Peningkatan status bandara dari AFIS ke ADC, agar wisatawan yang datang bisa lebih banyak.

General Manager AirNav Indonesia Cabang Utama Makassar Air Traffic Service Center (MATSC), Novy Pantaryanto di Makassar saat perayaan HUT Ke-5 AirNav, Minggu (17/9/2017), mengatakan, status bandara tersebut mempengaruhi frekuensi penerbangan.

Untuk pengalihan status tersebut dibutuhkan peningkatan infrastruktur navigasi dan SDM. Selain itu, butuh adanya sokongan dari pemerintah daerah setempat.

"Moda transportasi menuju destinasi wisata prioritas kebanyakan menggunakan angkutan udara. Untuk itu, kami siap mendukung dalam hal navigasi agar bisa menarik wisatawan lebih banyak, khususnya dari mancanegara. Program 10 destinasi wisata prioritas membutuhkan dukungan dari seluruh pihak," kata Novy.

Baca juga: Bandara Internasional Jawa Barat Bakal Jadi Bandara Haji dan Umrah

Novy mengklaim, pihaknya sudah komunikasikan perubahan status sejumlah bandara itu dengan para pemangku kepentingan. Dia pun berharap, perubahan status itu disetujui tahun ini agar bisa membantu program pemerintah.

"Kalau soal peralatan dan SDM dari kami sebenarnya tidak masalah, tinggal prosedur peralihannya yang membutuhkan penetapan dari Kementerian Perhubungan. Kan harus ditetapkan lalu dipublikasikan. Kami-kami ini tetap siap mengatur lalu lintas penerbangan di Indonesia," tuturnya.

Diketahui, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sendiri telah menetapkan 10 destinasi wisata yang pengembangannya diutamakan. Destinasi wisata tersebut meliputi Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Mandalika, Morotai, Borobudur, Danau Toba, Kepulauan Seribu, Bromo Tengger Semeru, Wakatobi, dan Labuan Bajo.

Selain menetapkan 10 destinasi wisata prioritas, pemerintah juga meluncurkan 10 destinasi branding. Mereka antara lain Colorful Medan, Wonderful Riau Island, Enjoy Jakarta, Stunning Bandung, Java Cultural Wonders, Majestic Banyuwangi, Bali the Island of Gods, Friendly Lombok, Explore Makassar, serta Coral Wonders untuk Bunaken, Wakatobi, dan Raja Ampat.

Baca juga: Menhub Targetkan Bandara di Sukabumi Beroperasi Tahun 2020

Kompas TV Kereta layang ini menghubungan Terminal 2 dan 3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com