Pilkada Kalbar, Partai Demokrat Prioritaskan Usung Kader - Kompas.com

Pilkada Kalbar, Partai Demokrat Prioritaskan Usung Kader

Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan
Kompas.com - 17/09/2017, 21:44 WIB
Sekjen Partai Demokrat, Hinca Panjaitan saat memberikan keterangan kepada wartawan usai rapat terbuka di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (16/9/2017)KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Sekjen Partai Demokrat, Hinca Panjaitan saat memberikan keterangan kepada wartawan usai rapat terbuka di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (16/9/2017)

SINGKAWANG, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, Demokrat akan mengusung kader terbaiknya sebagai calon gubernur pada Pilkada Kalimantan Barat.

Hal tersebut diungkapkan Hinca saat pelantikan Ketua DPD Partai Demokrat Kalimantan Barat, Suryadman Gidot di Singkawang, Minggu (17/9/2017).

Meski pendaftaran pasangan calon gubernur, calon bupati, atau calon wali kota pada Pilkada Serentak 2018 baru akan dibuka pada 8 Januari mendatang, hingga saat ini Partai Demokrat sedang bekerja keras selama empat bulan ke depan untuk menuntaskan 171 daerah yang akan mengikuti pilkada serentak, termasuk di Kalbar.

"Demokrat itu partai yang dibuat untuk kadernya. Karena itu kami akan terus mendorong kader kami untuk berusaha semaksimal mungkin mengikuti kontestasi yang ada," ucap Hinca.

Nama Suryadman Gidot sendiri dalam setahun belakangan muncul sebagai calon kuat kader yang diusung Partai Demokrat sebagai cagub dalam Pilkada Kalbar 2018.

"Pak Gidot dan kawan-kawan harus bekerja keras melakukan penjaringan. Yang baru kami berikan dukungan kemarin adalah Kubu Raya dan masih ada yang lain, itu tugas Gidot," kata Hinca.

"Selesai dilantik sebagai ketua DPD Partai Demokrat Kalimantan Barat, dia harus maraton kerja siang dan malam meneruskan kerja politik," ujar dia.

(Baca juga: Suryadman Gidot Resmi Pimpin DPD Demokrat Kalimantan Barat)

Partai Demokrat, sebut Hinca, juga membuka kesempatan kepada partai lain untuk untuk bergabung dalam koalisi.

"Kami tetap membuka pada putra-putri terbaik Kalimantan Barat. Misalnya pagi ini, spanduknya dari rekan yang lain, juga boleh. Itu adalah bagian kebersamaan kami, kita bangun demokrasi dan sistem politik yang baik di Kalbar," kata Hinca.

"Kami buka kesempatannya, tapi sekali lagi, Demokrat adalah partai kader. Kami mempunyai kader yang didorong sampai pada waktunya terpilih, kecuali sama sekali tidak ada, dan elektabilitasnya rendah, tentu kami realistis ingin mendukung yang menang," ujarnya.

Gidot merupakan kader Demokrat yang saat ini menjabat sebagai Bupati Kabupaten Bengkayang selama dua periode.

Pelantikan Gidot sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar disaksikan ribuan masyarakat Kalbar yang hadir dari berbagai kabupaten yang dipusatkan di Stadion Kridasana, Singkawang.

Kompas TV KPU Desak DPR Sahkan UU Pemilu

PenulisKontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan
EditorBayu Galih
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM