PKB Titipkan 9 Agenda Lahir Batin kepada Ridwan Kamil  - Kompas.com

PKB Titipkan 9 Agenda Lahir Batin kepada Ridwan Kamil 

Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana
Kompas.com - 14/09/2017, 14:24 WIB
Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda (tengah) berjabat tangan dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (kanan) memberikan memberikan Surat Keputusan Dukungan PKB kepada Ridwan Kamil sebagai Calon Gubernur Jabar, Bandung, Jawa Barat, Senin (11/9). Setelah bergabungnya PKB yang memiliki tujuh kursi di DPRD Jabar, Ridwan Kamil kini memiliki 12 kursi dari partai sebelumnya Nasdem yang memiliki lima kursi, sehingga masih dibutuhkan dukungan sebanyak delapan kursi lagi, agar dirinya dapat diusung menjadi Calon Gubernur Jawa Barat 2018-2023, sesuai dengan syarat yang ditetapkan KPU dengan dukungan minimal 20 persen kursi di DPRD Jabar. ANTARA FOTO/Agus Bebeng/aww/17.ANTARA FOTO/AGUS BEBENG Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda (tengah) berjabat tangan dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (kanan) memberikan memberikan Surat Keputusan Dukungan PKB kepada Ridwan Kamil sebagai Calon Gubernur Jabar, Bandung, Jawa Barat, Senin (11/9). Setelah bergabungnya PKB yang memiliki tujuh kursi di DPRD Jabar, Ridwan Kamil kini memiliki 12 kursi dari partai sebelumnya Nasdem yang memiliki lima kursi, sehingga masih dibutuhkan dukungan sebanyak delapan kursi lagi, agar dirinya dapat diusung menjadi Calon Gubernur Jawa Barat 2018-2023, sesuai dengan syarat yang ditetapkan KPU dengan dukungan minimal 20 persen kursi di DPRD Jabar. ANTARA FOTO/Agus Bebeng/aww/17.

BANDUNG, KOMPAS.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tidak begitu saja memberikan dukungan kepada Ridwan Kamil sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat yang akan ikut bertarung dalam Pilkada Jawa Barat 2018.  PKB menitipkan 9 poin yang diberi nama Agenda Lahir Batin agar bisa dilaksanakan oleh Ridwan Kamil jika terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat 2018-2023 mendatang.

"Bagi kami berpartai itu Ibadah. PKB itu  berkah dan jihad membela yang lemah. Manfestasinya di Pilgub Jabar kami titip 9 Agenda lahir batin buat Kang Emil," ujar Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Barat Syaiful Huda di Bandung, Kamis (14/9/2017).

Syaiful mengatakan, 9 agenda tersebut sudah disampaikan langsung kepada Ridwan Kamil. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu pun sudah menyetujui baik secara lisan maupun tulisan.

"Sembilan agenda lahir batin ini ruh untuk memperjuangkan dan memenangkan Kang Emil menjadi Gubernur Jawa Barat. Kami minta seluruh kader PKB untuk berjibaku memenangkannya," ucapnya.

Baca juga: Soal Calon Pendamping, Ridwan Kamil Tunggu Partai Koalisi

Berikut ini adalah 9 poin Agenda Lahir Batin yang dititipkan oleh PKB kepada Ridwan Kamil. 

1. Menggerakkan, menjaga dan menfasilitasi pembangunan dan pengembangan Pesantren, Masjid dan Tajug;

2. Menguatkan dan meningkatkan kesejahteran ekonomi umat Jabar, dengan menumbuhkan saudagar muslim melalui pemberian akses jejaring ekonomi dan pendampingan yang intensif;

3. Menjamin keberlangsungan pasar tradisional dengan sistem zonasi bagi ritel modern dan merevitalisasi pasar tradisional;

4. Mendorong percepatan kemandirian ekonomi desa dengan cara menggerakkan dan pengembangan Bumdesa dan desa wisata;

5. Menumbuh kembangkan entrepreneur muda desa dengan memprioritaskan wirausaha muda desa dan santri (start up baru);

6. Memberdayakan ekonomi kelompok perempuan dengan dukungan regulasi dan permodalan; 

7. Memperhatikan dan menfasilitasi penyelenggaraan keberlangsungan Madarasah Diniyah dengan memperhatikan Guru ngaji dan majlis taklim;

8. Meningkatkan pendapatan Petani dan Nelayan dengan cara penciptaan skala ekonomi, melalui pengembangan program unggulan kawasan Pedesaan (cluster ekonomi).

9. Melakukan percepatan pembangunan kawasan Jabar Selatan, dalam rangka implementasi pemerataan dan keadilan pembangunan di Jawa Barat.

Sebelumnya diberitakan, PKB secara resmi mengumumkan untuk mengusung Emil pada Pilkada Jabar 2018 mendatang. Dukungan itu dilakukan dengan penyerahan SK yang dilakukan DPW PKB Jabar di Bandung dan telah ditandatangani Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. 

Kompas TV Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyambut baik dukungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terhadap dirinya di Pilgub Jabar 2018.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Bandung, Putra Prima Perdana
EditorErlangga Djumena
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM