KWI Serukan Gereja Membantu Pengungsi Rohingnya - Kompas.com

KWI Serukan Gereja Membantu Pengungsi Rohingnya

Kontributor Bali, Robinson Gamar
Kompas.com - 13/09/2017, 21:02 WIB
Pengungsi Rohingnya menempati apa saja yang tersedia di kawasan Coxs Bazar, distrik Bangladesh yang paling dekat dengan Myanmar.EPA Pengungsi Rohingnya menempati apa saja yang tersedia di kawasan Coxs Bazar, distrik Bangladesh yang paling dekat dengan Myanmar.

KUTA, KOMPAS.com - Konferensi Wali Gereja (KWI) menyerukan kepada gereja-gereja Katolik untuk membantu pengungsi Rohingnya yang datang atau mencari perlindungan di wilayahnya masing-masing.

"KWI menyerukan agar membuka tangan, membuka hati, dan memberikan perhatian. Terutama keuskupan-keuskupan yang banyak pantainya, tentu akan banyak pengungsi yang datang lewat laut," kata Romo Siswantoko, Sekretaris Eksekutif Komisi Keadilan dan Perdamaian (KKP) KWI di sela-sela acara rapat pleno KKP KWI, pada Rabu (13/9/2017) di Kuta, Bali.

Menurut dia, Gereja Katolik khususnya di Aceh aktif memberikan bantuan kemanusiaan kepada pengungsi Rohingnya. "Warga Rohinnya banyak yang datang ke sana, umat lokal di sana memberikan bantuan darurat," ucap dia.

Pada kesempatan itu dia juga menyampaikan keprihatinan KWI atas tindakan yang dilakukan pemerintah Myanmar terhadap etnis Rohingnya. Menurut dia, sebagai sesama manusia, seharunya dihargai martabatnya sebagai manusia yang setara dengan manusia lain.

"KWI tentu prihatin dengan perlakukan pemerintah Myanmar terhadap masyarakat Rohingnya," ucapnya.

Baca juga: Kisah Para Bocah SD Sisihkan Uang Jajan untuk Korban Rohingya

PenulisKontributor Bali, Robinson Gamar
EditorErlangga Djumena

Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM