Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KWI Serukan Gereja Membantu Pengungsi Rohingnya

Kompas.com - 13/09/2017, 21:02 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

KUTA, KOMPAS.com - Konferensi Wali Gereja (KWI) menyerukan kepada gereja-gereja Katolik untuk membantu pengungsi Rohingnya yang datang atau mencari perlindungan di wilayahnya masing-masing.

"KWI menyerukan agar membuka tangan, membuka hati, dan memberikan perhatian. Terutama keuskupan-keuskupan yang banyak pantainya, tentu akan banyak pengungsi yang datang lewat laut," kata Romo Siswantoko, Sekretaris Eksekutif Komisi Keadilan dan Perdamaian (KKP) KWI di sela-sela acara rapat pleno KKP KWI, pada Rabu (13/9/2017) di Kuta, Bali.

Menurut dia, Gereja Katolik khususnya di Aceh aktif memberikan bantuan kemanusiaan kepada pengungsi Rohingnya. "Warga Rohinnya banyak yang datang ke sana, umat lokal di sana memberikan bantuan darurat," ucap dia.

Pada kesempatan itu dia juga menyampaikan keprihatinan KWI atas tindakan yang dilakukan pemerintah Myanmar terhadap etnis Rohingnya. Menurut dia, sebagai sesama manusia, seharunya dihargai martabatnya sebagai manusia yang setara dengan manusia lain.

"KWI tentu prihatin dengan perlakukan pemerintah Myanmar terhadap masyarakat Rohingnya," ucapnya.

Baca juga: Kisah Para Bocah SD Sisihkan Uang Jajan untuk Korban Rohingya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com