Cak Imin: PKB Sudah "Klik" dengan PDI-P soal Nama Cagub Jatim - Kompas.com

Cak Imin: PKB Sudah "Klik" dengan PDI-P soal Nama Cagub Jatim

Kontributor Surabaya, Achmad Faizal
Kompas.com - 13/09/2017, 16:55 WIB
Cak Imin (kanan) dalam diskusi ilmiah kebhinekaan di kampus Unair SurabayaKOMPAS.com/Achmad Faizal Cak Imin (kanan) dalam diskusi ilmiah kebhinekaan di kampus Unair Surabaya

SURABAYA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyebut partainya sudah sepakat atau sudah "klik" dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) soal nama calon gubernur Jatim di Pilkada 2018 nanti.

"Alhamdulillah kami pastikan sudah klik dengan PDI-P untuk satu nama cagub Jatim, yakni Gus Ipul," katanya seusai diskusi ilmiah di Kampus Universitas Airlangga Surabaya, Rabu (13/9/2017).

Bahkan saat ini, kata pria yang akrab disapa Cak Imin, kedua partai ini sudah masuk ke pembahasan nama cawagub pendamping Gus Ipul.

"Kita saat ini sedang dalam tahap menunggu siapa nama cawagubnya," jelas mantan menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini.

Khusus soal nama cawagub, kata Muhaimin, PKB pasrah kepada PDI-P dan semua koalisi partai pengusungnya nanti. Yang pasti dia mengaku sudah berkomunikasi intensif dengan sejumlah partai antara lain PAN, Golkar dan Demokrat.

Baca juga: PDI-P Tanya Sosok Cawagub Gus Ipul, Ketua PWNU Kirim Surat ke Megawati

Untuk nama-nama cawagub yang muncul, kata Muhaimin, selain ada Tri Rismaharini (Wali Kota Surabaya), juga ada nama Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi) dan Budi Sulistyono (Bupati Ngawi).

"Insya Allah akhir September ini rampung pembahasan nama cawagub," jelas Muhaimin.

Jika sudah ada nama cawagub yang sudah disepakati partai koalisi, baru pihaknya akan mengeluarkan rekomendasi resmi pasangan cagub dan cawagub Jatim untuk Pilkada Jatim tahun depan.

Baca juga: Kiai NU Sodorkan Gus Ipul ke PDI-P

Kompas TV Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah menyaring dua nama yang akan diusung di pemilihan Gubernur Jawa Timur.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Surabaya, Achmad Faizal
EditorFarid Assifa
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM