Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

76 Hektar Lahan Kawasan Gunung Bromo Terbakar Selama 2 Hari

Kompas.com - 13/09/2017, 13:16 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Kebakaran hutan di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur berhasil dipadamkan. Data Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mencatat, lahan yang hangus terbakar seluas 76 hektar.

Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Wilayah 1, Fariana Prabandari mengatakan, kebakaran yang terdeteksi sejak Senin (11/9/2017) sekitar pukul 11.00 WIB itu berhasil dipadamkan pada Selasa (12/9/2017) sekitar pukul 22.00 WIB.

"Sudah padam semua," katanya kepada Kompas.com, Rabu (13/9/2017).

Ia menjelaskan, bagian lahan hutan yang terbakar ada di tiga wilayah, yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Pasuruan. Di Kabupaten Malang, kebakaran tersebar di Watugedhe dan Jemplang seluas 30 hektar.

(Baca juga: Kebakaran Padang Rumput Gunung Bromo Diduga Karena Kelalaian Pengunjung)

Kemudian di Kabupaten Probolinggo tersebar di Blok Savana dan Andan-andan seluas 32 hektar. Sementara di Kabupaten Pasuruan, kebakaran hutan tersebar di Mendongan, Pakisbincil, Mungal, dan Bukit Kingkong seluas 14 hektar.

Kompas TV Kebakaran dekat permukiman warga terjadi hampir 3 jam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com