Kebakaran Lahan di Muara Enim Mulai Hanguskan Kebun Karet Warga - Kompas.com

Kebakaran Lahan di Muara Enim Mulai Hanguskan Kebun Karet Warga

Kontributor Ogan Komering Ilir, Amriza Nursatria
Kompas.com - 13/09/2017, 05:48 WIB
Daun pada tanaman karet milik warga di Desa Kayuara Batu Muraenim ampak terbakar terkena dampak dari kebakaran lahan hari iniKOMPAS.com/Amriza Nursatria Daun pada tanaman karet milik warga di Desa Kayuara Batu Muraenim ampak terbakar terkena dampak dari kebakaran lahan hari ini

MUARA ENIM, KOMPAS.com - Kebakaran yang melanda Desa Kayuara Batu, Kecamatan Muara Belida Muaraenim Selasa (12/9/2017) mulai masuk ke kebun karet warga. Akibatnya ratusan pohon karet berumur satu tahun hangus terbakar.

Api terlihat memasuki lahan kebun karet warga sejak pukul 16.30. Semak belukar yang tidak dibersihkan di pohon karet, membuat api semakin cepat membakar lahan tersebut. Api kemudian menghanguskan dedaunan dan pohon karet.

Angin yang bertiup kencang membuat kebakaran semakin parah. Pemilik kebun pun tak ada di lokasi sehingga tak ada satu orang pun yang berupaya memadamkan api. Api dibiarkan semakin membesar dan mendekati kebun warga lainnya.

Setidaknya 2 hektar lahan kebun karet yang terbakar hari itu. Sekretaris Camat Muara Belida, Saudi mengatakan, api sudah tiga hari membakar lahan di desa tersebut dan menghanguskan setidaknya 200 hektar lahan gambut dan semak belukar.

(Baca juga: 4 Helikopter Diterjunkan untuk Padamkan Kebakaran Lahan di Muara Enim)

 

Upaya pemadaman sudah dilakukan dengan mengerahkan personel Manggala Agni Daops Lahat dan personel TNI -Polri serta satgas penanggulangan kebakaran lahan dari masyarakat.

“Kebakaran sudah terjadi selama tiga hari dan menghanguskan setidaknya 200 hektar lahan gambut. Kebun warga yang baru dibuka juga terkena api kebakaran lahan,” katanya.

Pantauan Kompas.com, kebakaran lahan hingga selasa petang masih berlangsung dan masih cukup besar.

PenulisKontributor Ogan Komering Ilir, Amriza Nursatria
EditorReni Susanti
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM