4 Helikopter Diterjunkan untuk Padamkan Kebakaran Lahan di Muara Enim - Kompas.com

4 Helikopter Diterjunkan untuk Padamkan Kebakaran Lahan di Muara Enim

Kontributor Ogan Komering Ilir, Amriza Nursatria
Kompas.com - 12/09/2017, 23:26 WIB
Sebuah helikopter water bombing tampak menumpahkan air ke lokasi lahan yangt terbakar di Desa Kayuara Batu MuaraenimKOMPAS.com/Amriza Nursatria Sebuah helikopter water bombing tampak menumpahkan air ke lokasi lahan yangt terbakar di Desa Kayuara Batu Muaraenim

MUARA ENIM, KOMPAS.com - Empat helikopter water bombing diterjunkan untuk memadamkan kebakaran lahan di Desa Kayuara Batu, Kecamatan Muara Belida, Muara Enim, Sumatera Selatan, Selasa (12/9/2917).

Besar dan luasnya lokasi lahan yang terbakar yang mencapai 200 hektar itu membuat proses pemadaman darat sulit dilakukan, sehingga mau tak mau memerlukan bantuan pemadaman dari udara.

Empat helikopter berbagai jenis terlihat terbang bolak-balik dari sumber air menuju ke lokasi yang terbakar, menumpahkan ribuan liter air agar api yang membakar lahan sejak tiga hari lalu segera padam.

Beberapa helikopter di antaranya harus terbang menembus asap tebal sisa kebakaran untuk mencapai lokasi titik api agar dapat melakukan penyiraman.

Lahan yang terbakar di wilayah tersebut terpantau cukup besar dan luas.

Sekretaris Camat Kecamatan Muara, Belida Saidi mengatakan, setidaknya 200 hektar lahan sudah terbakar selama tiga hari ini. Api tidak hanya menghanguskan lahan semak belukar dan lahan gambut, tetapi juga kebun karet milik warga.

Baca juga: Kebakaran di Bromo Meluas, Area yang Terbakar Capai 80 Hektar

Saidi menambahkan, untuk mempercepat proses pemadaman, pihaknya sudah melapor ke BPBD Muara Enim yang langsung menghubungi BPBD Sumsel, sehingga hari ini ada 4 helikopter water bombing yang dikerahkan untuk melakuan penyiraman dari udara.

“Ya, hari ini ada 4 helikopter yang melakukan pemadaman dari udara, alhamdulilah sekarang api sudah sedikit mengecil,” katanya

Sementara itu, hingga pukul 17.00 WIB, penyiraman melalui udara terus dilakukan agar api cepat padam.

Baca juga: Kebakaran Hutan Gunung Bromo Sulit Dipadamkan

PenulisKontributor Ogan Komering Ilir, Amriza Nursatria
EditorFarid Assifa
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM