Pasar Leles Kebakaran, Ruas Jalan Bandung-Garut Ditutup - Kompas.com

Pasar Leles Kebakaran, Ruas Jalan Bandung-Garut Ditutup

Kontributor Garut, Ari Maulana Karang
Kompas.com - 11/09/2017, 20:57 WIB
Petugas kepolisian mengawal proses pendinginan kios-kios yang terbakarKompas.com/Ari Maulana Karang Petugas kepolisian mengawal proses pendinginan kios-kios yang terbakar

GARUT, KOMPAS.com - Pasar Leles yang ada di pinggir jalan raya Garut-Bandung Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barata, Senin (11/9/2017) sekitar pukul 17.45 dilanda kebakaran. Akibatnya seratusan kios di pasar itu D hangus terbakar.

"Jumlah kios yang terbakar semua di Blok D, diperkirakan 100 kios yang terdampak," ucap Tubagus Agus Sofyan Kepala Seksi Penyelamatan Non Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut yang ditemui di lokasi kejadian.

Sedikitnya, 8 unit mobil pemadam kebakaran diturunkan untuk memadamkan api. Terdiri dari 7 unit dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut, 1 unit bantuan dari Dinas Damkar Kabupaten Bandung.

Kapolsek Leles AKP Asep Muslihat didampingi Danramil Leles Kapten Inf Dan Zaini yang ditemui di lokasi kejadian mengungkapkan, kebakaran pasar yang berbatasan langsung dengan pemukiman warga, bisa cepat ditanggulangi oleh warga, pedagang pasar dan petugas pemadam kebakaran yang datang cepat ke lokasi.

"Hanya dalam dua jam api dapat dipadamkan, ini paling cepat, api tidak sampai merembet ke pemukiman warga," katanya.

Baca juga: Kebakaran Padang Rumput Gunung Bromo Diduga Karena Kelalaian Pengunjung

Asep mengaku, sampai saat ini pihaknya masih belum bisa menghitung secara pasti jumlah kios yang terbakar serta potensi kerugian, termasuk penyebab kebakaran. Karena, pihaknya masih membantu para pedagang yang mengevakuasi dagangannya.

"Sekarang sudah pendinginan, api sudah padam, kita masih fokus bantu pedagang evakuasi dan pengamanan," katanya.

Asep menyampaikan, selain melakukan pengamanan pasar, pihaknya juga melakukan penutupan ruas jalan Garut-Bandung hingga kendaraan yang datang dari arah Bandung ke Garut dialihkan ke Limbangan demikian pula yang dari Garut diarahkan ke jalur Limbangan kemudian ke Nagreg melalui Banyuresmi-Leuwigoong.

"Arus lalu lintas kita tutup sejak pukul 18.00, karena di depan pasar banyak warga dan pedagang yang melakukan evakuasi barang, ini untuk keselamatan warga," ujar dia.

Kompas TV Kebakaran terjadi pada Senin dini hari. Kebakaran baru padam setelah 10 unit pemadam dikerahkan.

PenulisKontributor Garut, Ari Maulana Karang
EditorErlangga Djumena
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM