Kebakaran Padang Rumput Gunung Bromo Diduga Karena Kelalaian Pengunjung - Kompas.com

Kebakaran Padang Rumput Gunung Bromo Diduga Karena Kelalaian Pengunjung

Kontributor Malang, Andi Hartik
Kompas.com - 11/09/2017, 19:24 WIB
Petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) saat berusaha memadamkan api di padang rumput atau sabana Bukit Teletubbies Gunung Bromo, Jawa Timur, Senin (11/9/2017)Dok. Humas TNBTS Petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) saat berusaha memadamkan api di padang rumput atau sabana Bukit Teletubbies Gunung Bromo, Jawa Timur, Senin (11/9/2017)

MALANG, KOMPAS.com - Kebakaran di padang rumput atau sabana di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur, terus menjalar, Senin (11/9/2017).

Diduga, kebakaran itu disebabkan oleh kelalaian pengunjung yang tengah berwisata di lokasi itu.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas pada Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Sarif Hidayat setelah mendatangi lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman.

"Masih dugaan, (kebakaran) karena kelalaian pengunjung atau masyarakat," katanya kepada Kompas.com.

Saat ini, personel gabungan dari petugas TNBTS, relawan, warga, TNI dan Polri yang berjumlah 90 orang masih melakukan proses pemadaman meski hari sudah malam.

"Masih, Mas, kita kontrol semaksimal mungkin dengan tetap mngutamakan safety," jelasnya.

Baca juga: Padang Rumput Bukit Teletubbies Gunung Bromo Terbakar

Sejauh ini, api yang ada di padang datar sudah bisa dipadamkan. Namun api di tebing masih terus menjalar karena personel gabungan kesulitan untuk menjinakkan api di lokasi tersebut.

"Kalau savana sudah bisa dikendalikan, Mas. Tapi yang di tebingan kita kesulitan. Posisi konturnya tajam. Safety personel juga harus kita jaga," ungkapnya.

Lahan yang sudah hangus terbakar diperkirakan seluas 50 hektar. Luasan itu diprediksi masih akan bertambah berhubung api belum seluruhnya padam.

"Dugaan lebih kurang 50 hektar. Tapi pastinya nanti setelah identifikasi ya, Mas," ungkap Sarif.

Baca juga: 19 Hektar Suaka Margasatwa Cikepuh Sukabumi Terbakar

 

Diketahui, padang rumput di blok Bukit Teletubbies di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur terbakar, Senin (11/9/2017). Kebakaran hutan itu terdeteksi sejak pukul 11.00 WIB.

Kompas TV Ribuan warga Suku Tengger di lereng Gunung Bromo, Jawa Timur, menggelar upacara Yadnya Kasada.

PenulisKontributor Malang, Andi Hartik
EditorFarid Assifa
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM