Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oplos Elpiji Bersubsidi, Pria Ini Rebus Tabung Gas

Kompas.com - 11/09/2017, 15:42 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Praktik pengoplosan elpiji subsidi di Desa Kace, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, dibongkar polisi.

Pelaku berinisial YP mengaku telah mengoplos gas elpiji kemasan 3 kilogram ke tabung gas kemasan 12 kilogram, sejak tiga bulan terakhir.

“Sebanyak 110 tabung gas kemasan tiga kilogram dan kemasan dua belas kilogram disita polisi sebagai barang bukti. Selain itu turut diamankan satu unit kendaraan roda empat serta sejumlah perlatan untuk pengoplosan,” kata Kabid Humas Polda Bangka Belitung, AKBP Abdul Munim, Senin (11/9/2017).

Pelaku melakukan pengoplosan dengan terlebih dahulu memanaskan tabung gas 3 kilogram ke dalam panci berisi air mendidih. Gas kemudian dipindahkan menggunakan pipa besi secara manual.

Baca juga:  Oplos Pupuk Subsidi, Mantan Pemain PSSI Gunung Ginting Ditangkap

Menurut pelaku, praktik pengoplosan dilakukan karena tidak memiliki pekerjaan tetap. Cara pengoplosan diketahui dari seorang teman pelaku yang kini masih dalam pengejaran pihak kepolisian. 

Pelaku terancam pasal berlapis Undang-Undang Nomor 22 /2001 tentang Migas dan Undang-Undang Nomor 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan hukuman lima tahun penjara serta denda maksimal Rp 2 miliar.

Kompas TV Oknum PNS Oplos Gas Bersubsidi ke Tabung Gas Non-Subsidi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com