Aksi Peduli Rohingya di Gresik Undang Simpati Remaja Hingga Anak-anak - Kompas.com

Aksi Peduli Rohingya di Gresik Undang Simpati Remaja Hingga Anak-anak

Kontributor Gresik, Hamzah Arfah
Kompas.com - 11/09/2017, 10:21 WIB
Warga Kecamatan Ujung Pangkah melakukan aksi peduli untuk Rohingya.Nur Syamsu Dluha Warga Kecamatan Ujung Pangkah melakukan aksi peduli untuk Rohingya.

GRESIK, KOMPAS.com – Aksi peduli Rohingya juga terjadi di Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik, Jawa Timur. Puluhan massa, mulai dari orang dewasa, remaja, hingga anak-anak, ikut berpartisipasi dalam aksi solidaritas dan penggalangan dana.

Menurut koordinator aksi Nur Syamsu Dluha (34), selain orang dewasa, aksi simpatik yang digelar pada Minggu (10/9/2017), juga diikuti para pelajar dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) maupun Sekolah Dasar (SD).

“Pada dasarnya, kami hanya sounding saja dan memasang pemberitahuan, akan aksi solidaritas penggalangan dana untuk saudara kita di Rohingya. Tapi nggak tahunya, banyak remaja dan anak-anak ikut dan berpartisipasi, syukur alhamdulillah,” ujar Dluha, Senin (11/9/2017).

Puluhan massa yang menamakan dirinya Remaja Ujung Pangkah Peduli Rohingya tersebut, melakukan penggalangan dana kepada penduduk sekitar. Dana yang terkumpul hingga Minggu malam Rp 4,3 juta.

(Baca juga: Jamaat Gereja di Kebumen Turun ke Jalan Galang Dana untuk Rohingya)

 

"Aksi penggalangan dana akan terus kami lakukan hingga Jumat (15/9/2017), sebelum kami serahkan,” jelasnya.

Selain melakukan penggalangan dana langsung ke rumah-rumah penduduk maupun di beberapa tempat strategis, mereka juga menempatkan kotak amal di beberapa masjid yang ada di Kecamatan Ujung Pangkah.

“Pada hari Jumat itu pula, nantinya akan kami kumpulkan menjadi satu. Termasuk dari kotak amal di masjid-masjid itu, sebelum nantinya kita serahkan bersama-sama,” tutur dia.

Sementara itu, salah satu anak yang ikut aksi, Muhammad Ridho (11) mengaku cukup senang ikut berpartisipasi dalam agenda tersebut.

“Tidak apa-apa, untuk bantu saudara kita di Rohingya. Kemarin teman-teman juga banyak yang ikut, jadi senang aja,” tutupnya.

Kompas TV Jadi Sasaran Kejahatan Rasial, Warga Rohingya Mengungsi

PenulisKontributor Gresik, Hamzah Arfah
EditorReni Susanti
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM