Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamaat Gereja di Kebumen Turun ke Jalan Galang Dana untuk Rohingya

Kompas.com - 10/09/2017, 20:18 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

KEBUMEN, KOMPAS.com - Krisis kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya di Negara Bagian Rakhine, Myanmar, mengetuk hati banyak pihak.

Tak hanya umat muslim, gerakan solidaritas juga datang dari umat nasrani dan jemaat gereja di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Minggu (10/9/2017) pagi, seluruh jemaat gereja di Kebumen secara serentak menggelar doa bersama untuk saudara mereka di Rohingya. Tak hanya berdoa, puluhan jemaat juga turun ke jalan untuk turut serta menggalang dana bantuan kepada para korban.

Pendeta Gereja Bethel Indonesia Kebumen, Reinhard mengatakan, segala bentuk aksi solidaritas ini merupakan inisiatif dari para jemaat sendiri.

Menurut Reinhard, tidak ada batasan bagi umat manapun dalam menjunjung solidaritas nilai kemanusiaan.

"Tujuan dari kegiatan ini murni solidaritas kemanusiaan, kami sungguh merasa prihatin dengan kondisi saudara kami di Rohingya. Semoga dari sedikit dana yang terhimpun ini dapat meringankan beban penderitaan para korban di sana," katanya.

Baca juga: Aksi Bersih-bersih Masjid Usai Aksi Bela Rohingya

Waka Polres Kebumen, Kompol Christian Aer yang mengikuti kegiatan tersebut merasa bangga dengan wajah persatuan umat beragama di Kebumen.

Dia berharap, aksi ini dapat menjadi momentum bagi seluruh bangsa untuk mengembalikan wajah keberagaman yang sejak dulu selalu terjalin harmonis.

Baca juga: Dubes RI: Kita Tak Boleh Berkoar-koar seperti Negara Lain Sikapi Rohingya

Kompas TV Pengungsi Rohingya Terjebak di Perbatasan Myanmar-Banglades

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com