Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Perusakan Patung Wihara di Singkawang Mengaku Sedang Mabuk

Kompas.com - 09/09/2017, 12:42 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

SINGKAWANG, KOMPAS.com - Pelaku berinisial HD yang diduga melakukan perusakan patung singa di Wihara Tri Dharma Bumi Raya, Singkawang, Kalimantan Barat mengaku mabuk dan dalam pengaruh minuman keras saat melakukan aksinya.

Hal tersebut terungkap saat pelaku diinterogasi kepolisian terkait peristiwa yang terjadi pada Jumat (8/9/2017) sekitar pukul 01.55 WIB.

Kepala Polres Singkawang, AKBP Sandi Alfadien Mustofa mengatakan, tersangka mengakui bahwa perusakan dilakukan dalam kondisi pengaruh minuman keras.

"Pelaku saat ini masih didampingi pihak keluarga dan masih dalam proses pemeriksaan pihak kepolisian," ujar Sandi, Sabtu (9/9/2017).

Selain itu, pelaku juga akan menjalani tes urine dan darah untuk proses pengembangan penyidikan.

Baca juga: Terekam CCTV, Perusak Patung Wihara di Singkawang Ditangkap Polisi

Aksi perusakan itu pertama kali diketahui oleh penjaga wihara saat akan membuka pintu pada pagi hari nya. Melihat ada yang janggal, penjaga wihara tersebut kemudian melaporkan hal tersebut kepada ketua wihara.

Pihak pengurus wihara kemudian membuka rekaman CCTV dan terlihat dengan jelas pelaku yang sempat mendobrak pintu namun tidak berhasil lantaran pintu dalam keadaan terkunci. Pelaku pun kemudian merusak patung singa yang persis berada di sisi kiri dan kanan pintu wihara.

Kompas TV Prosesi Hari Raya Tri Suci Waisak di Vihara Majapahit, Mojokerto ini diawali dengan ritual Prada Sina.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com